CPNS Dibuka 25 Oktober, Ini Formasi Yang Dibutuhkan

primaberita-formasi-yang-dibutuhkan

Primaberita – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, mengumumkan proses pendaftaran CPNS 2019 dan PPPK akan dibuka pada 25 Oktober 2019. Formasi yang dibutuhkan lebih dominan guru dan tenaga kesehatan.

Kementerian yang akan membuka pendaftaran CPNS 2019 belum jelas diketahui. Karena itu merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo.

Untuk formasi pendaftaran CPNS tahun 2019 ada sebanyak 100 ribu formasi. Dari 100 ribu formasi yang ada, kebanyakan dari tenaga pendidikan dan kesehatan.

Untuk informasi resmi pendaftaran CPNS 2019. Sebaiknya rajin mengunjungi kanal media sosial BKN, situs resmi BKN, atau kanal media sosial dan situs yang dikelola oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/D).

Baca juga : CPNS OKTOBER 2019 : Ini Yang Perlu Diketahui Dan Disiapkan

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, alokasi yang disediakan untuk CPNS 2019 sebanyak 197.111 formasi. Dari jumlah itu, ada 37.854 formasi untuk instansi pusat dan 159.257 formasi instansi daerah. Ridwan mengatakan, ada empat formasi yang akan diberikan porsi besar dalam CPNS kali ini. Apa saja?

Berikut rincian 4 formasi yang dibutuhkan dengan alokasi kursi terbesar pada CPNS 2019, dikutip dari video resmi yang dirilis BKN melalui akun Youtube BKN :

  • Guru: 63.000-an formasi
  • Tenaga kesehatan (bidan, dokter, dokter gigi, perawat, dan sebagainya) sebanyak 31.000-an
  • Tenaga teknis fungsional 23.000-an
  • Tenaga teknis lainnya 28.000-an.

Terkait dengan formasi selain kesehatan dan pendidikan, lanjut Ridwan, tetap akan dialokasikan. Namun, ia belum bisa memberikan keterangan secara rinci mengenai jumlah dari formasi-formasi tersebut.

Sementara itu, instansi masing-masing akan mengumumkan pengadaan CPNS setelah mendapatkan jatah formasi dari Kementerian PAN-RB. Pengumuman pengadaan CPNS ini akan memuat informasi mengenai jabatan yang kosong, jumlah formasi setiap jabatan, persyaratan setiap jabatan (termasuk syarat pendidikan minimal), tata cara, dan waktu pendaftaran.

Add a Comment