Cara Atasi Celah Keamanan Penting Pada Sistem Whatsapp

PrimaBerita – Celah keamanan pada Sistem WhatsApp baru saja diperbaiki yang berpotensi memungkinkan data penggunanya diretas oleh hacker yang menyerang pengguna aplikasi dengan pesan berformat GIF.

Bug ini memungkinkan peretas untuk mengakses penyimpanan ponsel pengguna dari jarak jauh dan semua file yang ada pada perangkat, termasuk isi pesan WhatsApp pengguna, gambar, video, dan pesan audio.

GIF

Celahnya sendiri tersimpan dalam library yang dipakai WhatsApp — dan banyak aplikasi lain — untuk melihat pratinjau sebuah GIF. Library ini berfungsi ketika pengguna menekan tombol untuk mengirimkan GIF, di mana WhatsApp akan menampilkan sejumlah thumbnail dari GIF yang ada.

Dalam melancarkan aksinya, seorang peretas hanya perlu mengirimkan payload berbahaya yang menyamar sebagai dokumen dalam format GIF yang dikirimkan secara acak melalui WhatsApp dan Messenger, kepada pengguna.

Karena berformat GIF, pengguna cenderung memilih untuk mengunduhnya agar bisa mengetahui isinya secara pratinjau (preview). Namun ketika hal ini dilakukan, peretas sudah memiliki akses untuk melihat isi ponsel penggunanya.

Baca juga: Atasi Pengambilan Data Pribadi di Aplikasi Pinjaman Online, Timnas Indonesia Rombak Susunan Pemain Jelang Menghadapi UEA

Add a Comment