Cara Ampuh Menghilangkan Stres Untuk Penggila Kerja

primaberita - menghilangkan stres

PrimaBerita – Psikolog Bryan Robinson menyebut bahwa gila kerja termasuk masalah kesehatan mental karena ‘imbalan positif’ yang diterima hanya bersifat sementara. Oleh karenanya setiap pekerja perlu tahu cara menghilangkan stres agar tidak terganggu kesehatan mental dan tubuhnya.

Penggila kerja akan selalu bersemangat melakukan pekerjaan namun sering termotivasi oleh perasaan negatif seperti rasa bersalah, tuntutan yang tinggi, dan paksaan. Nah jika perasaan negatif dan stres itu tak segera diatasi, tak hanya pekerjaan yang terancam, tetapi juga kesehatan.

Cara menghilangkan stress:

Jalani hidup sehat

Si pecandu kerja yang sibuk sepanjang hari kerap melupakan kondisi tubuhnya. Demi terus produktif, makan sehat dan tidur cukup bukan lagi prioritas. Jika sudah begitu, pecandu kerja rentan sakit dan stres. Pekerja yang mengalami stres berlebih akan cenderung memiliki emosi tak stabil dan menjalani pola hidup tidak sehat, seperti merokok, begadang, makan asal-asalan, mengonsumsi obat-obatan.

Menghindari stres dengan menenangkan diri

Teknik menarik napas bagaikan tombol pause, memberikan waktu lebih untuk diri memikirkan respons tepat menanggapi sebuah tekanan. Ingat, hal tersulit sekali pun tak bisa teratasi dengan emosi dan di bawah kondisi stres. 

Baca juga: Bocoran Menteri-Menteri Dalam Susunan Kabinet Periode 2019-2024

Istirahatkan otak dan tubuh

Liburan memang dianggap bisa menyegarkan pikiran dan melepaskan stres setelah sekian lama bekerja. Kendati demikian, berlibur juga lebih memungkinkan tubuh Anda lelah karena bepergian.

Ada baiknya luangkan waktu untuk istirahat. Biarkan otak dan tubuh menikmati waktu senggang dengan bersantai. Menikmati waktu libur dengan bersantai sangat penting untuk meningkatkan produktivitas. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa rasio work-to-break yang ideal adalah 52 menit kerja diikuti dengan istirahat 17 menit.

Jangan makan siang di meja kerja

Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini menemukan bahwa orang yang selalu makan di meja kerja lebih cenderung kelebihan berat badan. Terlebih, para ahli sepakat bahwa menyantap makan siang dengan rekan kerja dan klien di kantin misalnya, dapat menjadi cara yang bagus untuk membangun jaringan dan memajukan karier Anda.

Bisa mengatur skala prioritas

Kerjaan yang menumpuk kadang malah membuat fokus bekerja hilang. Rasanya ingin sekali semua diselesaikan sekaligus dengan cepat. Padahal melakukan pekerjaan dengan multitasking tak akan efektif yang justru menimbulkan perasaan tertekan dengan banyaknya target yang harus dicapai. Alhasil, tak satu pun pekerjaan tuntas dengan maksimal.

Berdasarkan artikel Business Insider Singapore, mengurangi atau bahkan menghindari melakukan pekerjaan secara bersamaan merupakan cara mempertahankan konsentrasi dan menghilangkan stres. Sebab multitasking dapat mengganggu konsentrasi, kualitas kerja, dan kapasitas memori otak.

Jangan bosan mencatat

Sekilas terkesan tak penting, namun kebiasaan mencatat adalah jurus melawan atau cara menghilangkan stres. Catatan kecil mengenai detail pekerjaan membantu mengangkat satu-satu beban pekerjaan dan menghindari hal-hal yang terlupakan. Melansir situs Psychology Today, menulis tak sekadar mencatat namun memproses ide dan informasi.

Baca Juga: Jokowi-Ma’ruf Resmi Jadi Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024, Sah

Add a Comment