Editor Choice Hiburan Lifestyle

Bisa Bermain Musik? Ini 5 Manfaatnya Untuk Kesehatan

Primaberita – Salah satu metode yang terbukti dapat merangsang kesehatan fisik dan mental adalah bermain musik. Bermain alat musik instrumental seperti gitar telah terbukti memberikan rasa bahagia. Meningkatkan kreativitas serta merangsang telinga dan otot, terutama otak. 

Ini manfaatnya untuk kesehatan :

  1. Mempertajam Pikiran

Satu hal menarik tentang pikiran, di antaranya adalah, kita tak punya pemahaman yang sempurna mengenai bagaimana mendapatkan yang terbaik dari pikiran kita itu. Memainkan musik dapat mempertajam pikiran karena secara tidak sadar saat fokus pada beberapa hal seperti belajar membaca akord, menyeimbangkan nada dan sebagainya tergantung jenis musik yang dimainkan akan memicu beberapa bagian otak untuk bereaksi.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Dengan meluangkan waktu dan mendedikasikan diri untuk menguasai instrumen tertentu. Mendengarkan beat, ritme, tekstur, timbre, dan sebagainya secara tidak langsung Anda meningkatkan kemampuan konsentrasi.

Baca juga : 5 Cara Mudah Ini Dijamin Ampuh Atasi Galau

3. Menghilangkan Stres

Fokus pada musik yang dimainkan, merasakan ritme dan alunannya dapat menyegarkan pikiran secara tidak langsung. Apalagi jika musik yang di mainkan disesuaikan dnegan lagu penyemangat. Bisa dijamin stres langsung hilang.

4. Mengatur Suasana Hati

Sesaat hatimu sedang tidak baik? cobalah mainkan satu alat musik. Memainkan musik dapat dikatakan bisa mengatur suasana karena apapun suasana hati, entah itu marah, sedih dan sebagainya bisa dituangkan dengan bermain musik.

5. Menguji Daya Ingat

Nah yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. yah menguji daya ingat. Kikta mabil contoh alat musik Gitar. Untuk menghubungkan satu kunci gitar ke kunci yang lain memicu otak kita berpikir mengingat atau menghubungkan setiap kunci yang ada. Ini bisa disebut juga dengan olahraga otak. Ingatan akan menjadi semakin kuat.

Sekian manfaat dari bermain musik, pastikan untuk belajar bermain musik setiap hari karena manfaatnya banyak loh untuk kesehatan.