Bersihkan Pembuluh Darah Tanpa Mahal, Makan Ini Aja

Brokoli

Sayuran hijau ini mengandung vitamin K yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan menjaga kalsium agar tidak merusak arteri. Selain itu, brokoli juga penuh serat yang bisa menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan mengurangi stres. Stres dapat merobek dinding arteri dan menyebabkan penyumbatan arteri.

Ikan

Konsumsi ikan yang memiliki lemak sehat seperti salmon, makerel, herring, tuna, dan sarden. Asam omega-3 yang ada di dalamnya berfungsi untuk membersihkan pembuluh darah Anda agar tak terjadi penyumbatan. Jika makan ikan berlemak ini dua kali seminggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar trigliserida, bahkan dapat membantu meningkatkan kadar HDL.

Minyak zaitun

Kandungan nutrisi pada minyak zaitun berfungsi untuk menurunkan kolesterol seperti asam oleat tak jenuh, asam lemak esensial dan antioksidan. Menggunakan minyak zaitun ketimbang minyak biasa ketika memasak 41 persen lebih kecil terserang stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menggunakan minyak zaitun. Gunakan sedikit minyak zaitun sebagai pengganti mentega. Namun, meski zaitun lebih sehat, jangan lupa membatasi penggunaannya karena semua lemak masih mengandung jumlah kalori yang sama.

Semangka

Buah segar satu ini sangat baik dikonsumsi karena memiliki asam amino yang dapat memproduksi nitrat dalam tubuh. Nitrat dapat membuat arteri menjadi rileks dan menurunkan risiko penyakit jantung. Asam amino membantu tubuh memproduksi nitric oxide, yang memperlebar pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Kunyit

Kunyit bermanfaat untuk mengurangi pengerasan pada pembuluh darah atau arteriosclerosis. Kandungan curcumin pada kunyit sebagai anti-inflamasi dapat mengurangi peradangan dan mengurangi timbunan lemak dalam arteri. Kunyit juga mengandung vitamin B6 yang membantu mengurangi penumpukan plak di arteri.

Bayam

Daun bayam mengandung kalium, folat, dan serat untuk membantu menurunkan tekanan darah sekaligus mencegah penyumbatan pada arteri. Mengonsumsi satu porsi bayam per hari dapat menurunkan kadar homosistein, yakni faktor risiko penyakit jantung.

Baca juga: Bisa Bermain Musik? Ini 5 Manfaatnya Untuk Kesehatan

Add a Comment