Bersihkan Pembuluh Darah Tanpa Mahal, Makan Ini Aja

PrimaBerita – Tingginya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung membuat setiap orang waswas akan gejalanya. Centers for Disease Control and Prevention mengatakan bahwa penyakit jantung diakibatkan penumpukan progresif di pembuluh darah arteri yang mempersempit dinding bagian dalam sehingga aliran darah mengalami penyumbatan.

Untuk menghindari penyakit dengan angka kematian tertinggi di dunia itu, dianjurkan mengonsumsi makanan yang dapat melancarkan sekaligus menyehatkan arteri.

Berikut 10 makanan untuk membersihkan pembuluh darah.

Gandum

Makanan gandum dan biji-bijian banyak mengandung magnesium yang membantu melebarkan pembuluh darah Anda. Konsumsi roti gandum, beras merah, oatmeal dapat menjaga arteri agar tetap bersih. Serat larut yang ditemukan dalam biji-bijian utuh itu mengikat kolesterol dalam makanan dan menyeretnya keluar dari tubuh.

Asparagus

Asparagus merupakan jenis sayuran yang baik untuk membersihkan arteri. Asparagus mengandung banyak serat dan mineral, serta membantu mencegah pembekuan darah. Sayuran ini bekerja di dalam arteri untuk membuatnya tidak menumpuk dan menangkal gumpalan plak. Anda bisa mengonsumsi dengan cara dikukus, bakar, panggang, atau dimakan mentah.

Kacang

Kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan serat yang sangat menyehatkan jantung, sedangkan kacang walnut adalah sumber asam lemak omega-3 nabati yakni asam alfa-linolenat. Menurut American Heart Association, lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Alpukat

Buah alpukat baik dikonsumsi karena dapat mengurangi kolestrol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta membantu membersihkan pembuluh darah. Alpukat juga mengandung vitamin E yang berguna untuk mencegah oksidasi kolestrol dan potasium.

Baca juga: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia : Cegah Bunuh Diri

Add a Comment