Baru Dilantik Anggota DPR dan MPR Sudah Mengecewakan

primaberita– Masih terbilang baru dilantik anggota DPR dan MPR yang dilaksanakan selasa (01/10/2019) di Gedung DPR dan MPR. Sebanyak 575 anggota DPR dan 711 anggota MPR yang telah dilantik akan ditempatkan di berbagai komisi untuk periode 2019-2024.


Sehari setelah dilantiknya MPR dan DPR mengadakan rapat paripurna yang dilaksanakan kemarin (Rabu,02/10) namun membuahkan hasil yang mengecewakan.

Pasalnya hanya setengah dari total anggota DPR dan MPR yang telah dilantik datang menghadiri rapat. Belum diketahui jelas apa penyebabnya dari setiap anggota fraksi tidak datang menghadiri rapat tersebut.


Mengunjungi daerah pemilihan masing-masing anggota untuk mendengar setiap aspirasi menjadi alasan yang sering kali dilakukan anggota DPR. Anggota DPR tidak menghadiri rapat paripurna yang diadakan.


Sikap anggota DPR dan MPR yang tidak disiplin itu menimbulkan kekecewaan bagi rakyat yang memilihnya. Bagaimana tidak DPR dan MPR memiliki peranan penting untuk rakyat.

Catatan Kehadiran tiap fraksi

Kehadiran tiap fraksi yang tercatat; PDIP hadir 94 dari 128 anggota, Golkar hadir 31 dari 85 anggota, Gerindra hadir 46 dari 78 anggota, Nasdem hadir 27 dari 59 anggota.

Selanjutnya PKB hadir 15 dari 58 anggota, Demokrat hadir 4 dari 54 anggota, PKS hadir 25 dari 50 anggota, PAN hadir 7 dari 44 anggota dan PPP hadir 16 dari 19 anggota.

Meski kuorum fraksi terpenuhi bukan berarti bolos menghadiri rapat menjadi suatu kebiasaan yang baik. Dari hasil catatan kehadiran anggota dari fraksi diatas cukup memprihatinkan.

Sepertinya kebiasaan anggota DPR/MPR tidak menghadiri rapat masih belum sembuh. Namun mengingat para anggota dewan juga memiliki tugas dan kewajiban untuk turun langsung ke dapilnya. Perlu ditanamkan kembali niat dan komitmen untuk serius dalam bekerja.

Add a Comment