Arab Saudi Mengizinkan Pasangan Yang Belum Menikah Menginap di Satu Kamar Hotel

Primaberita – Setelah pemerintah Arab Saudi menghapus aturan yang melarang perempuan berwisata sendirian di negara tersebut. Pemerintah Arab Saudi mengizinkan pasangan yang belum menikah dari luar negeri untuk menyewa satu kamar hotel juga.

Ini menjadi kebijakan terbaru dari pemerintahan Arab Saudi yang ultrakonservatif setelah mulai menawarkan visa turis untuk pertama kalinya. Sebelumnya, wanita Saudi dilarang menginap di hotel seorang diri dan bagi pasangan wajib untuk menunjukkan bukti bahwa mereka sudah menikah.

“Persyaratan itu (menikah) tidak lagi diperlukan bagi wisatawan,” lanjut pernyataan otoritas pariwisata Arab Saudi, seperti dikutip AFP.

Meskipun begitu, pasangan Arab Saudi sendiri masih harus menunjukkan surat nikah jika ingin menyewa satu kamar hotel. “Semua warga Arab Saudi akan diminta menunjukkan kartu keluarga atau bukti perkawinan untuk menyewa kamar hotel,” kata pejabat Pariwisata. Dan perempuan tidak perlu menunjukkan kartu identitas jika sudah memiliki pendamping atau perwakilan pria yang bertanggung jawab atasnya.

Pemerintah Arab Saudi mengizinkan pasangan yang belum menikah menginap disatu kamar hotel merupakan upaya pemerintah untuk meringankan aturan soal turis untuk mendongkrak sektor pariwisata, agar perekonomian Arab Saudi tidak bergantung sepenuhnya pada minyak mentah. Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan pada 27 September  bahwa pihaknya membuka pintu bagi para wisatawan dan menawarkan visa turis untuk pertama kalinya.

Dalam pengumuman tersebut, Arab Saudi menyoroti lima situs pariwisata yang ditetapkan menjadi situs Keajaiban Dunia UNESCO, seperti Laut Merah, padang gurun, dan beberapa gunung.

Namun pemerintah Saudi memperingatkan bahwa turis yang melanggar “kesopanan publik”. Termasuk mengenakan pakaian yang tidak sopan dan memamerkan keintiman di depan publik, akan tetap dikenakan denda.

Sebelumnya sebagai upaya mengubah persepsi sebagai negara konservatif, Pangeran Mohammed telah menghapuskan sejumlah larangan, seperti bioskop, acara konser, serta olahraga. Pemerintah Arab Saudi telah menghabiskan anggaran sangat besar untuk membangun industri pariwisata dari nol.


Add a Comment