Lifestyle

Alasan Efek ‘Ketagihan’ dari Musik Menciptakan….

PrimaBerita – Bukan tanpa alasan bila musik favorit seakan memiliki efek ‘ketagihan‘, ingin dengar lagi dan lagi. Melansir Medical Daily (3/9), musik memang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi seseorang secara pribadi. Bahkan, musik dapat menciptakan beragam emosi, mulai dari rasa tenang, bahagia, bahkan menciptakan ruang untuk bernostalgia.

Itu sebabnya, tak sedikit orang yang memilih untuk mendengarkan musik saat ingin memulai aktivitas atau dalam perjalanan menuju tempat bekerja.

Berikut sejumlah alasan mengapa musik dianggap dapat menciptakan perasaan positif.

Emosi yang menular

Lirik dan nada dalam sebuah lagu ternyata bisa menularkan emosi. Musik yang sedih dapat membuat kita merasa sedih, sementara musik yang bahagia dapat memberi energi sepanjang hari. Sebagai contoh saat kita menghadiri sebuah konser. Saat melihat orang melompat sesuai irama, maka itu akan membuat kita ‘tertular’ ingin melompat juga.

Pelepasan emosi

Musik dapat berperan sebagai kartasis bagi sebagian orang. Kartasis yang berasal dari bahasa Yunani memiliki arti upaya pembersihan, penyucian, atau pelepasan. Kehadiran musik dianggap dapat menjadi media untuk melepaskan perasaan negatif seperti rasa sakit atau frustasi tanpa efek samping. Inilah sebabnya mengapa mendengarkan jenis musik tertentu bisa membuat kita menangis, itu merupakan bentuk pelepasan sisi emosional secara sehat.

Baca juga: 5 Cara Mudah ini Dijamin Ampuh Atasi Galau