32 Kuliner Semarang Yang Harus Dicoba. Bikin Ngiler

PrimaBerita – Banyak kuliner Semarang yang menarik untuk digali di Venetie van Java. Puluhan atau bahkan ratusan ragam wisata kuliner yang siap memanjakan para petualang rasa. Sejumlah warisan kuliner Semarang sudah ada sejak beberapa puluh tahun silam. Tak sedikit pula yang telah dijajakan sejak zaman penjajahan.

Wisata Kuliner Semarang

Kuliner dan Semarang adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Warisan makanan di Kota Lumpia begitu beragam, hingga mendapat pengakuan dari Kementrian Pariwisata.

Pada 2015 silam, Venesia-nya Jawa ini ditetapkan sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan Indonesia. Semarang sendiri memang punya cukup banyak sajian kuliner menarik untuk dieksplorasi.

1.   Ayam Goreng Pakne Heksa

Ayam Goreng merupakan salah satu masakan populer di Indonesia. Jika kebetulan berada di Semarang, harus mencoba ayam goreng bikinan Pakne Heksa. Rasanya gurih, bumbu rempahnya begitu meresap, tekstur dagingnya juga sangat lembut.

2.   Mie Sang Kie

Kuliner Semarang cukup legendaris pertama ada di Gang Lombok. Kedai ini termasuk legendaris karena sudah berdiri sejak zaman kolonial. Yang jadi andalan adalah Mie Godok alias Mie Rebus. Seporsinya terdiri dari mie, potongan kecil telur dadar, kekian. Semua bahan tersebut lantas disajikan bersama kuah kaldu hangat yang nikmatnya luar biasa.

3.   Bakmi Jawa Pak Ateng

Semarang dikenal dengan sejumlah olahan mie lezat. Salah satu yang pantang dilewatkan adalah Bakmi Jawa Pak Ateng. Bakmi Jawa Pak Ateng berhasil menjaga konsistensi rasa dari tahun ke tahun.

Rasa khasnya berasal dari penggunaan kuah kaldu ayam kampung dan dimasak menggunakan anglo atau kompor tradisional. Seporsi mie di sini juga disajikan bersama suwiran daging ayam kampung, telur, dan sayuran.

4.   Kampung Laut

Kampung Laut dan semua makanan di sini disajikan dengan racikan bumbu yang begitu pas. Kelezatannya begitu fenomenal, hingga banyak pelanggan rela datang lagi dan lagi ke sini.

5.   Gulai Kambing Bustaman

Semarang juga punya sajian gulai legendaris. Namanya Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar dan sudah buka sejak 1969. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar punya ciri khas kuah encer namun rasanya tetap gurih.

Penggemar masakan kambing dijamin bakal puas, karena sajian ini juga hadir bersama potongan jerohan. Porsinya juga lumayan besar, cukup disantap untuk dua orang jika sedang tidak terlalu lapar.

6.   Babat Gongso Pak Karmin

Babat biasanya terasa amis dan berbau jika kurang teliti memasaknya. Namun hal tersebut tak bakal Teman Traveler rasakan di Babat Gongso Pak Karmin, salah satu warung legendaris di Semarang. Buka sejak 1971, hingga kini Pak Karmin tak pernah gagal memanjakan lidah para pelanggan dengan cita rasa babat masak kecap yang khas.

Warung Pak Karmin sendiri tidak terlalu mewah, bahkan terkesan sangat sederhana. Meski demikian, banyak pengunjung berbondong-bondong datang ke sini. Lokasinya ada di Jl Pemuda, tak jauh dari Jembatan Berok.

7.   Kedai Kahatkene

Warung makan ini berada di Jl Tirto Agung no 28 Semarang. Mereka sudah mulai melayani pelanggan sejak pukul sembilan pagi dan tutup sekitar pukul sepuluh malam. Ayam krispi di sini cukup populer, demikian pula dengan sambal matah dan nasi kuningnya.

8.   Nasi Gandul Pak Memed

Nasi Gandul Pak Memed hingga kini terus diburu para penggemarnya. Rasanya yang lezat tak pernah berubah meski sudah beberapa puluh tahun berlalu. Kuah kaldu yang sedap jadi salah satu andalan di sini.

Nasi gandul sendiri pada dasarnya adalah nasi putih biasa, disajikan menggunakan mangkuk daun pisang. Bumbu kecoklatan lantas disiramkan di atasnya, disusul tambahan lauk daging, jeroan sapi, dan telur ayam.

9.   Lekker Paimo

Kue Lekker memang sudah bisa ditemukan di sejumlah daerah di Indonesia. Namun di Semarang, ada satu jajanan lekker yang unik dan lain dari biasanya. Namanya Lekker Paimo dan lokasi jualannya ada di Jl Karanganyar no 37 atau tepat di seberang SMA Kolose Loyola.

Jika di tempat lain lekker umumnya disajikan dengan topping meses atau keju, tidak demikian halnya di Lekker Paimo. Di sini pembeli bisa merasakan nikmatnya lekker asin dengan isian sosis, telur, dan keju. Tak heran jika Lekker Paimo memiliki banyak penggemar, bahkan mereka sampai rela antre sambil berdiri hanya untuk sekedar menikmati jajanan ini.

10. Soto Kudus Mbak Lien

Dimulai dari Soto Kudus Mbak Lien. Kuliner ini termasuk salah satu yang cukup terkenal di Semarang. Lokasinya berada di J Ki Mangunsarkoro. Kuah Soto Kudus Mbak Lien punya rasa khas. Dijamin bakal meninggalkan kesan mendalam begitu menyapa lidah.

Kelezatannya bakal terasa kian mantap jika dinikmati bersama tempe, sate kerang, atau sate paru. Tak perlu khawatir kantong bakal bolong, karena seporsi soto di sini hanya dibandrol sekitar 8.500 rupiah saja.

Baca juga: Rambutan, Buah yang Kaya akan Manfaat

Add a Comment