1.985 Ternak Babi di Sumut Terjangkit Virus. Ini Antisipasi Langsung dari Pemerintah Pusat

primaberita - ternak babi terjangkit virus

VIRUS ASF

Menurutnya, kematian ratusan babi di Kabupaten Dairi, belum lama ini, ternyata belum terpapar virus African Swine Fever (ASF) atau demam babi Afrika. Hal ini diketahui setelah dilakukan penelitian oleh tim gabungan, baik dari pusat, provinsi dan kabupaten, paska mendapat laporan tentang kematian ternak babi yang terjangkit virus.

“Hasil isolasi sementara kita, kematian mendadak babi tersebut bukan karena ASF, namun akibat penyakit endemik biasa,” kata dia.

Hasil Laboratorium

Pihaknya juga telah bekerja sama dengan Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian yang sudah turun meninjau langsung. Tim itu juga telah melihat langsung hasil laboratorium dari ternak babi yang terjangkit virus ASF dan pihaknya sudah menggelar lokakarya di hotel berbintang di Medan sekaligus mengkaji bahaya dari virus ASF tersebut.

“Kegiatan juga diikuti kabupaten terkait yang punya populasi babi dominan di Sumut. Dan hasil labnya belum menyatakan itu (virus ASF) sembari kita menunggu tahapan berikutnya oleh Balai Veteriner,” katanya.

Baca juga: Eric Tse, Orang Terkaya Di Asia Hanya Berumur 24 Tahun

Add a Comment