Wiranto Akan Melaksanakan Perintah Presiden Atas Pemecatan..

PrimaBerita – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto memastikan akan melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), termasuk memecat unsur TNI dan Polri yang tak bisa menangani bencana tersebut.

Klaim

Wiranto mengklaim sejumlah Kapolda yang wilayahnya dilanda karhutla telah menyatakan siap untuk dipecat atau dilengserkan dari jabatannya saat ini jika tidak bisa memenuhi tugas terkait kebakaran hutan itu.

“Itu dilaksanakan dan sekarang Kapolda ada, tanya saja, mereka siap. ‘Pak kami siap untuk mendapatkan punishment, pencopotan tapi kalau kami berhasil tolong berikan reward’,” kata Wiranto

Pernyataan Agung Nugroho

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Riau, Agung Nugroho meminta Presiden Joko Widodo melihat langsung kondisi kabut asap Riau yang semakin parah. Menurut Agung, kehadiran Jokowi akan mendorong upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau menjadi lebih proaktif.

“Kita minta Pak Jokowi turun melihat kondisi masyarakat Riau. Kadang-kadang kalau Presiden Jokowi turun. Asapnya ini bisa hilang (karena mereka lebih ekstra bekerja),” ucap Agung di Pekanbaru

Tidak bisa Memecat

Wiranto berkata pemerintah tak bisa serta merta memecat Kapolda dan maupun personel TNI. Dia beralasan perintah pemecatan dari presiden itu jika penanggulangan kebakaran hutan gagal dilaksanakan.

Penanggulangan kebakaran hutan ada indikatornya, namun Wiranto enggan mengungkap indikator apa yang digunakan untuk menilai keberhasilan penanggulangan karhutla.
 
“Pada saat nanti penanggulangan hutan dan lahan ini gagal di suatu tempat maka Kapolda, Pangdam dicopot atau diganti,” kata

Baca juga: Terpilihnya Firli Bahuri Sebagai Ketua KPK Periode 2019 – 2023

Add a Comment