Warna Hijau Sayuran Hilang Gara-Gara Hal INI?

PrimaBerita – Sayuran hijau memang punya banyak manfaat untuk tubuh. Namun cara memasak yang salah akan membuat aneka santapan dari sayuran tak akan menarik. Warna hijau yang hilang dari sayuran disebabkan oleh adanya reaksi antara sayuran dengan air panas.

Beberapa orang menambahkan garam untuk menjaga warna sayurannya tetap hijau. Hanya saja ini tak terlalu ampuh untuk membuat sayuran jadi tetap hijau cerah.

Koki

Koki selebriti Heston Blumenthal mengungkapkan bahwa garam akan meningkatkan suhu air mendidih, ketika sayuran ditambahkan di dalamnya, garam ini akan mencegah enzim perusak warna hijau.

Mengutip Guardian, Blumenthal dan Peter Barham, seorang dosen fisika di Universitas Bristol mengungkapkan kunci dari menjaga warna hijau sayuran adalah dengan mengontrol kalium dalam air rebusan.

“Faktor terpenting adalah kualitas air itu sendiri dan jumlah kalsium yang dikandungnya. Kadar kalsium tinggi akan menyebabkan sayuran berubah warna,” katanya.

“Jadi selama air di rumah tak tinggi kalsium (tak lebih dari 20mg per liter), sayuran bakal tetap hijau jika dimasak dengan tepat.”

Baca juga: CARA HIDUP SEHAT TANPA MENDERITA! SANGAT MUDAH

Add a Comment