Penyebab Kanker Mulut Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Primaberita – Kanker merupakan penyakit paling ditakuti di seluruh dunia. Siapa saja bisa kena kanker dan bagian tubuh mana pun bisa diserang sel kanker. Kanker mulut(kanker oral) adalah kanker yang menyerang semua jaringan mulut, meliputi bibir, lidah, dasar mulut, langit-langit mulut, gusi, pipi dalam, tonsil, dan kelenjar ludah. 

Penumpukan sel-sel yang tidak normal di dalam rongga mulut akhirnya dapat membentuk tumor ganas. Seiring waktu, sel-sel kanker dapat menyebar hingga ke bagian tubuh lainnya. Pertumbuhan kanker sering bermula di sel-sel skuamosa. Skuamosa adalah sel-sel gepeng yang melapisi bibir dan mulut bagian dalam. Oleh karena itu, jenis kanker mulut yang paling sering ditemui adalah tipe karsioma sel skuamosa.

Infeksi human papillomavirus (HPV)

Sebenarnya, HPV tidak secara langsung menyebabkan kanker. Namun, virus ini dapat menyebabkan perubahan pada sel yang terinfeksi. Bila sel yang terinfeksi adalah sel yang ada di mulut, maka hal inilah yang dapat menjadi penyebab kanker mulut.

Kebiasaan menyirih

Menyirih sudah jadi bagian gaya hidup dan tradisi yang mendarah daging. Bahan utama menyirih adalah biji ping dan daun sirih. Sebagai penguat rasa, beberapa orang terkadang menambahkan rempah-rempah, perasaan jeruk, kapur atau tembakau.

Mengutip dari laman resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyirih dapat memicu kanker mulut. Kesimpulan ini diperoleh berdasarkan penelitian yang dilakukan International Agency for Research on Cancer di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Baca juga: Waspada Kanker Usus!

Add a Comment