Pembangunan Istana Presiden Baru, Menteri PUPR Siapkan 300M

Perencanaan

Istana presiden rencananya akan dibangun di bukit yang dekat dengan Jembatan Holtenkamp. Hanya saja, ia mengaku buram ihwal status kepemilikan lahan yang akan digunakan sebagai lokasi istana.

Namun, menurut informasi yang diterimanya, masyarakat setempat sudah setuju bahwa wilayah tersebut bisa dilakukan pembangunan.

Untuk itu, Basuki menyatakan bahwa dirinya akan bertolak ke Papua untuk melakukan survei lokasi. Di dalam survei tersebut, ia akan memastikan bahwa calon lokasi istana presiden baru sesuai dengan keinginan Kementerian Sekretariat Negara.

Pernyataan Jokowi

Sebelumnya, Jokowi menyatakan bakal membangun Istana Kepresidenan di Papua. Kendati demikian, pembangunan dinilai tidak mudah karena pemerintah harus melihat kecukupan APBN hingga ketersediaan lahan untuk pembangunan itu.

“Istana, ini kan yang sulit tanahnya. Ini tanahnya tadi disediakan 10 hektare, gratis. Benar sudah ada? Nanti kalau disampaikan hari ini, de facto sudah diserahkan, saya diskusi dulu dengan para menteri,” ujar Jokowi kala merespons tuntutan tokoh Papua.

Tuntutan tokoh Papua terkait pembangunan Istana Kepresidenan di Papua disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo. Ia menyampaikan tuntutan pembangunan istana bertujuan agar presiden juga berkantor di Papua, sehingga tidak hanya berkunjung ke provinsi paling timur di Indonesia itu.

Baca juga: Presiden BJ Habibie Dikabarkan Meninggal Dunia di RSPAD

Add a Comment