Pantangan Makanan Diet Nutritarian

PRIMA BERITAMungkin ada dari kalian yang belum pernah mengenal diet nutritarian. Diet nutritarian merupakan diet yang pertama kali diciptakan pada tahun 2003 oleh seorang dokter bernama Joel Fuhrman. Diet ini tidak hanya memperhitungkan jumlah kalori yang kita konsumsi, namun juga kualitas nutrisi yang ada di dalam makanan. Pola makan diet nutritarian berfokus pada makanan alami yang berbasis pada makanan nabati, rendah garam, rendah lemak, dan tidak mengandung gluten.

Pola Makan

Pola makan diet nutritarian berfokus pada bahan makanan yang alami. Jadi, makan makanan yang telah diproses seperti tahu dan tempe sekalipun harus dibatasi. Jumlahnya dianjurkan agar tidak lebih dari 10 persen total asupan kalori harian. Ketika menerapkan diet yang satu ini, kita juga harus menghindari makanan manis, camilan ringan, serta makanan yang telah melewati banyak pengolahan. Produk olahan yang paling dipantang dalam diet ini adalah minyak, gula, soda, jus, dan minuman buah, serta daging olahan pabrik.

Hindari

Jika kalian gemar mengonsumsi junk food dan fast food, kalian harus menghindari makanan yang tidak sehat ini. Selain tidak alami, jenis makanan tersebut juga mengandung banyak garam yang tentu saja merupakan musuh besar dari diet ini. Kandungan nutrisinya pun tidak lagi sepadat dan sebaik nutrisi pada makanan alami lainnya. Orang yang menjalani diet ini juga perlu memerhatikan sumber karbohidrat yang dikonsumsi. Batasi bahan makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti nasi, pasta, dan roti. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan gula darah dengan cepat.

Sumber pangan alami memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berdasarkan hal ini, prinsip pola makan berbasis makanan alami pada diet nutritarian membuatnya menjadi salah satu diet terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Memulai pola makan diet nutritarian memang tidak gampang, tapi tidak mustahil bagi kalian untuk menerapkannya. Awali dengan menambah konsumsi sayur dan buah-buahan sedikit demi sedikit dan kalian akan mulai terbiasa dengan pola makan ini. Semoga berhasil dalam diet nutritarian ini!

baca juga : HIDUP SEHAT, COBALAH DIET NUTRITARIAN!

Add a Comment