Kuliner Surabaya Ini Bikin Ngiler, Yakin Tidak Mau Coba?

3. Rawon Setan Mbak Endang

Di beberapa daerah, tempat makan dengan nama serupa mungkin bukan hal yang asing lagi. Akan tetapi, Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya inilah depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia.

Umumnya, aneka kuliner yang diberi embel-embel kata setan adalah karena tingkat kepedasan yang ditawarkan. Namun bukan itu alasan mengapa rawon yang satu ini dinamakan demikian. Asal usul kata setan ini adalah karena dulunya Rawon Setan baru buka saat malam hari, yakni mulai pukul 22.00 WIB hingga dini hari, identik dengan munculnya setan pada malam hari. Kini, Rawon Setan sudah buka sejak pagi.

Selain daging dengan kuah khas rawon, Anda bisa menambah lauk lainnya seperti telur asin, perkedel kentang, tempe, atau empal. Harga untuk seporsi rawon setan ini mulai dari Rp25.000,00.

4. Depot Bu Rudy

Soal kuliner, orang Indonesia memang punya ciri tersendiri. Pertama, tak peduli seberapa banyak makanan yang telah disantap, jika belum makan nasi, maka dianggap belum makan. Kedua, makan nasi pun tidak akan lengkap tanpa kehadiran sambal.

Jika Anda termasuk kategori tersebut soal makanan, maka datanglah ke Depot Bu Rudy ketika berada di Surabaya.

Menu yang disediakan tempat kuliner Surabaya ini sangat beragam, tetapi cobalah untuk membuktikan sendiri kenikmatan seporsi nasi udang empal yang menjadi andalan di sini. Nasi pulen hangat disajikan bersama dengan udang tepung goreng yang renyah, empal yang empuk dengan bumbu meresap, dan sambal bawang Bu Rudy yang termashyur.

Nasi udang empal Bu Rudy dibanderol sekitar Rp20.000,00an saja. Selain makanan, di depot Bu Rudy yang berlokasi di Jalan Dharmahusada no. 140 Surabaya ini juga dilengkapi tempat oleh-oleh khas Surabaya.

Baca juga: Trik Khusus Memasak Daging Sapi yang Empuk dan Lezat

Add a Comment