Jaga Kesehatan Hanya Dengan Tidur Berkualitas

Mata

Tidur terganggu dan otot di sekitar mata tidak dapat waktu rehat yang cukup, maka kejang otot mata dan kedutan bisa terjadi. Jika mengidap sleep apnea atau gangguan tidur, risiko terkena glaukoma dan anterior iskemik optik neuropati (peradangan pada pembuluh darah di mata) bisa menyebabkan kebutaan.

Hidung

Saat kita tidur, tubuh menguatkan sistem imun sehingga sel-sel pelawan infeksi dan protein bisa menyingkirkan ‘penyakit-penyakit’ yang mampir. Kurang tidur akan mengganggu fungsi sistem imun sehingga tidak dapat melakukan tugasnya dengan benar.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam tentu akan berisiko rentan sakit dan terpapar oleh virus demam. Yang lebih buruk, sekalinya sakit, kurang tidur akan membuat kita sulit sembuh.

Tulang dan otot

Hormon pertumbuhan tubuh kita terlepas selama tidur nyenyak dan bertanggung jawab untuk membangun, memperbaiki, dan menjaga otot serta tulang. Kurang tidur berarti perbaikan otot dan penyembuhan akan menjadi terganggu. Kurang tidur juga bisa mengurangi kepadatan tulang, fraktur dan pengurangan massa otot tulang.

Baca juga: Memori yang Kuat dengan Gaya Hidup ini!

Add a Comment