Jaga Kesehatan Hanya Dengan Tidur Berkualitas

PrimaBerita – Tidur yang cukup dan berkualitas merupakan syarat terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tidur yang berkualitas bisa memberikan manfaat kesehatan bagi seluruh tubuh, seperti organ dan beberapa bagiannya. Kurang tidur atau pun kualitas tidur yang buruk juga memiliki manfaat yang negatif.

Anjuran yang sering kita dengar adalah alokasikan waktu setidaknya tidur malam selama 6-8 jam sehari. Dirangkum dari Times of India, berikut adalah bagian-bagian tubuh yang mendapatkan manfaat dari tidur berkualitas:

Jantung

Tekanan darah menurun saat tidur, namun jika kurang tidur, maka tekanan darah bisa naik selama waktu yang cukup lama dan bisa mengakibatkan hipertensi kronis yang jadi faktor risiko terbesar penyakit jantung dan stroke.

Kurang tidur bisa memberikan dampak negatif pada jantung secara tidak langsung dengan menyebabkan kita makan makanan yang tidak sehat, kadar stres tinggi, motivasi untuk berolahraga menurun yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Otak

Saat kamu tertidur, otak memproses informasi yang didapat seharian, membentuk ingatan baru, mematenkan hal-hal yang dianggap penting dan membuang yang tidak penting. Oleh karena itu orang-orang yang terbiasa begadang sebelum ujian atau presentasi justru malah cenderung gagal, karena informasi ini tidak diproses dan direkam otak.

Berat badan

Hormon leptin menekan rasa lapar dan ghrelin menstimulasi nafsu makan dan bisa menyebabkan naiknya berat badan. Kurang tidur tidak hanya terkait dengan makan lebih banyak, namun juga menyebabkan kita ngidam makanan-makanan tertentu seperti junk food, kue, permen dan keripik kentang. Akibatnya tubuh juga bisa kesulitan mengatur gula darah saat kurang tidur dan berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

Baca juga: Ternyata Tinggi Badan Dapat Menyebabkan Diabetes Tipe-2

Add a Comment