Info Terbaru: Bawang Putih untuk Tubuh!

PRIMABERITABawang putih? Kenapa tidak. Bawang putih dikenal sebagai bukan sebagai bumbu penyedap makanan, namun juga tanaman yang memiliki banyak manfaat yang bagus untuk tubuh. Hari ini, kita akan membahas tentang manfaat apa saja yang diberikan oleh bawang putih bagi tubuh. Ayo terus scrolling ke bawah!

Meningkatkan system kekebalan tubuh

Bawang putih memang dikenal dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi supplemen yang mengandung bawang putih dapat mengurangi pilek hingga 63 persen. Studi lain juga menemukan bahwa bawang putih dapat mengurangi jumlah hari sakit pilek atau flu sebesar 61 persen.

Mengurangi kadar kolesterol

Bawang putih juga ternyata ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 sampai dengan 15 persen. Penelitian menemukan bahwa bawang putih dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat atau LDL dengan tidak mempengaruhi kolesterol baik atau HDL. Hal ini tentu saja membuat bawang putih dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, penyakit jantung ataupun stroke.

Mencegah penyakit Alzheimer

Ternyata bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas penyebab penuaan. Bawang putih juga terbukti dapat mengurangi stress oksidatif dan mengurangi risiko penyakit otak seperti alzheimer dan demensia.

Mengurangi tekanan darah

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih juga memiliki efek signifikan dalam mengurangi tekanan darah pada penderita darah tinggi. Ekstrak bawang putih juga memiliki efektivitas yang sama dengan obat atenolol untuk mengurangi tekanan darah selama 24 minggu. Jumlah yang dibutuhkan untuk mengurangi tekanan darah ini setara dengan empat siung bawang putih yang dimakan setiap harinya.

Mendetoks tubuh

Senyawa sulfur yang ada di dalam bawang putih terbukti melindungi organ tubuh dari kerusakan dan keracunan akibat logam berat.  Studi mendapati bahwa bawang putih bisa mengurangi kadar timbal yang ada dalam darah sebesar 19 persen. 

Itulah manfaat bawang putih bagi tubuh, semoga bermanfaat!

BACA JUGA : Tubuh Sehat dengan Cara Sederhana!

Add a Comment