Bahaya Tidak Pernah Makan Daging bagi Tubuh

PRIMA BERITA– Daging merupakan salah satu sumber protein, lemak, serta vitamin dan mineral terbaik bagi tubuh. Akan tetapi masih banyak orang yang beranggapan bahwa pola hidup tanpa daging akan lebih sehat. Namun ada beberapa kandungan nutrisi yang hanya terdapat pada daging seperti vitamin B12, kreatinin, karnosin, taurin, dan zat besi heme.

Beberapa produk nabati memang memiliki nutrisi penggantinya, tapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Inilah dampak yang akan terjadi apabila tidak pernah makan daging.

Kekurangan protein

Bahan pangan nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, jamur, hingga daging tiruan dari gluten sebenarnya merupakan sumber protein yang baik. Namun, daging memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan pangan nabati. Kekurangan protein dalam tingkat ringan pun dapat menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan. Misalnya, otot menjadi lemah, tekanan darah dan detak jantung menurun, anemia, gangguan pada hati, serta gangguan penyerapan vitamin dan mineral.

Rambut rontok

Selain kekurangan protein, orang yang tidak pernah makan daging juga berisiko mengalami kekurangan zat besi, vitamin B, dan zinc yang penting untuk pertumbuhan rambut. Zat besi sebetulnya tersedia pada sayuran berdaun hijau dan kacang yang dikeringkan. Sayangnya, penyerapan zat besi dari sumber nabati lebih sulit dibandingkan dari daging. Itulah sebabnya orang yang menjalani diet vegan biasanya membutuhkan suplemen besi.

Kepadatan tulang berkurang

Tulang tidak akan mendapatkan cukup vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kepadatannya apabila tidak mengkonsumsi daging. Nyatanya, tulang kita sangat berisiko mengalami penurunan kepadatan seiring bertambahnya usia. Sebuah penelitian menemukan bahwa pelaku diet vegetarian memiliki kepadatan tulang 4% lebih rendah daripada orang yang mengonsumsi daging.

Kekurangan energi

Energi pada daging berasal dari protein dan lemak. Mengkonsumsi daging akan memberikan energi yang diperlukan untuk beraktivitas dan menjalankan fungsi tubuh. Selain itu, kita juga lebih mudah merasa kenyang setelah makan daging. Sebaliknya, sayuran adalah bahan pangan dengan kandungan energi yang sedikit. Untuk mencegah tubuh kekurangan energi, kita harus mengkonsumsi banyak sayuran dan makanan nabati yang dapat menyumbangkan energi.

Baca Juga : WASPADAI KANKER USUS!

One Comment

Add a Comment