Aset Negara di Jakarta Senilai Rp. 1.120 Triliun Akan di…..

PrimaBerita – Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Isa Rachmatawarta, memyampaikan beberapa jenis pengelolaan aset negara di DKI Jakarta manakala Ibu Kota berpindah ke Kalimantan Timur

Aset Negara

Aset negara di kawasan seluruh Jakarta diperkirakan mencapai Rp1.120 Triliun mencakup kawasan Sudirman dan Thamrin, termasuk kawasan segitiga emas Jakarta nilainya sekitar Rp 357 triliun. 

Isa mengatakan Kementeriannya terus berkomunikasi dengan pihak di lingkar pemerintahan maupun di luar pemerintahan untuk mengeksplorasi kemungkinan mendapatkan nilai dari aset-aset pemerintah pusat di DKI Jakarta.

Penjelasan

“Saya kasih contoh, menurut aturan sekarang kita bisa memanfaatkan barang milik negara dengan kerja sama, juga bisa melakukan kerja sama pemanfaatan,” kata Isa di kantor, Rabu (18/9/2019)

Model pinjam pakai biasa dilakukan kepada Pemerintah Daerah. Namun berhubung instansi pemerintahan, maka Pemda tidak perlu membayar biaya sewa.

“Cuma jangan disepelekan, kalau kita bisa melakukan satu kerja sama dengan Pemda dikombinasikan dengan aset dia, kita bisa saja mendapat revenue dari situ,” sambung Isa.

“Itu intinya kita membangun di suatu properti milik pemerintah, modalnya swasta, swasta mengoperasikannya sampai batas tertentu lalu dikembalikan ke pemerintah. Kita bisa juga menikmati revenue,” katanya.

Baca juga: Konfirmasi! Bad Guys: Reign of Chaos Akan Tayang Di Indonesia

Add a Comment