Apa itu Kolesterol?

PRIMA BERITA – Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi.

Kolesterol tidak selalu buruk. Kenyataannya, kita butuh kolesterol untuk membentuk sel dan menjaganya tetap sehat. Selain itu, kolesterol juga dibutuhkan tubuh untuk membantu membuat hormon (kortisol, testosteron, dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu. Masing-masing zat ini tentu memiliki peran dan manfaatnya masing-masing untuk kesehatan tubuh. Kolesterol tidak bergerak sendiri dalam darah. Kolesterol akan bergabung bersama protein khusus untuk kemudian mengalir dalam darah. Nah, gabungan antara kolesterol dan protein disebut lipoprotein.

Ada tiga jenis liprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh. Yuk simak ke bawah terus!

Low density lipoprotein (LDL)

Kolesterol LDL merupakan kolesterol jahat. Koleserol LDL dikatakan jahat karena dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis) apabila jumlahnya terlalu banyak dalam darah. Kolesterol jahat LDL adalah penyebab utama dari penyakit stroke atau penyakit jantung.

High density lipoprotein (HDL)

Kolesterol HDL merupakan kolesterol yang baik. Kolesterol ini dikatakan baik karena membantu hati dalam mengurai koleterol LDL, untuk mengubahnya menjadi empedu sebelum dibilas keluar dari tubuh. Lebih sederhananya lagi, kolesterol HDL membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Alhasil, pembuluh darah akan lebih bersih dari endapan kolesterol. 

Very low density lipoproteins (VLDL)

Kolesterol VLDL mirip dengan Kolesterol LDL. Lipoprotein ini mengandung banyak lemak yang disebut dengan trigliserida. Trigliserida adalah jenis lemak yang berguna sebagai cadangan energi jika glukosa (gula darah) sebagai sumber utama energi utama sudah habis. Lemak jenis ini dihasilkan dari makanan tinggi lemak dan makanan sumber karbohidrat. Kadar VLDL yang tinggi juga dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan memicu berbagai penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

baca juga : WASPADA KANKER USUS!

One Comment

Add a Comment