7 Kota Ini Sudah Bebas Dari Kendaraan Bermotor Selamanya

PrimaBerita – Jika car free day alias hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta hanya berlangsung pada akhir pekan, ada banyak kota di penjuru dunia yang sudah menerapkan bebas kendaraan bermotor setiap hari.

Selain udara menjadi lebih sejuk, dengan ketiadaan kendaraan bermotor di pusat kota juga membuat warganya jadi lebih rajin naik kendaraan umum, sehingga jalanan bebas macet.

Berikut adalah beberapa kota tanpa mobil di dunia

Fes el Bali, Maroko

Salah satu situs warisan dunia UNESCO dan juga rumah bagi universitas tertua di dunia, Fes el Bali, merupakan salah satu kota bebas kendaraan bermotor terluas di dunia.

Jalanan-jalanan yang sempit membuat daerah ini tidak mungkin dilewati oleh mobil. Oleh sebab itu masyarakat lebih memilih berjalan kaki, menggunakan gerobak, atau menaiki keledai.

Pulau Mackinac, Michigan

Merupakan destinasi populer untuk musim panas, Pulau Mackinac memiliki alam yang masih sangat asri. Pada tahun 1898 pemerintah lokal Mackinac melarang seluruh kendaraan bermotor demi mempertahankan keaslian dari lingkungan pulau ini dan untuk mengurangi polusi yang terjadi.

Masyarakat lokal menggunakan kereta kuda dan sepeda sebagai alternatif transportasi.

Zermatt, Swiss

Terletak jauh di lembah pegunungan Alpen, kota Zermatt tidak bisa diakses menggunakan kendaraan bermotor. Satu-satunya yang dapat mengantarkan wisatawan menuju kota ini adalah kereta yang terdapat di Täsch, kota kecil yang berjarak 5 km dari Zermatt.

Sesampainya di kota ini terdapat beberapa pilihan transportasi yang dapat menunjang perjalanan wisatawan, seperti kereta kuda, eTaxi, sepeda, dan eBus.

Baca juga: Tidak Efektif! Perluasan Ganjil Genap Memberikan Efek Balon

Add a Comment