Trump Gentar! China Menurunkan Nilai Mata Uang Yuan

PrimaBerita – China kemungkinan bakal mengambil langkah lebih jauh untuk bisa memenangkan perang dagang. Langkah yang dilakukan China dengan menggunakan yuan sebagai salah satu alat, juga menangguhkan pembelian produk pertanian AS bisa menempatkan bisnis China dalam risiko.

Pengorbanan

Hal tersebut menjadi indikator seberapa jauh China bersedia mengorbankan perekonomiannya demi mencapai kesepakatan dengan AS yang lebih menguntungkan Negeri Tirai Bambu tersebut.

“Banyak investor telah menyatakan pandangan bahwa China siap menerima penurunan ekonomi (dan dengan demikian ekonomi global juga bakal turun) untuk mencegah terpilihnya kembali Presiden Trump,” ujar Chief Rates Strategist Nomura Naka Matsuzawa.

Pembalasan

Untuk membalas terhadap ancaman tarif mengejutkan Trump pekan lalu, Cina dengan cepat menghentikan pembelian produk pertanian AS, yang merugikan petani di Midwest. Pasalnya, Midwest merupakan negara bagian yang sangat penting bagi kemenangan presiden Trump pada tahun 2020 mendatang.

“China juga dapat mengekang pembelian barang-barang pertanian lebih lanjut, mungkin sebagai cara untuk melemahkan basis dukungan Trump di antara para pemilih pedesaan menjelang pemilihan presiden November 2020,” ujar Global Chief Investment Officer UBS Mark Haefele.

Baca juga: Unjuk Rasa Melawan Kehadiran Kunjungan Lawat Donald Trump

Add a Comment