PNS Bakal Kerja Di Rumah? Lebih Produktif ?? Ini Penjelasan Kadin

PrimaBerita – Sistem kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal berubah. Ke depannya, PNS bisa mengerjakan tugas di rumah masing-masing layaknya perusahaan rintisan (startup).

Menurut Setiawan

“Nanti akan bisa bekerja dari rumah, tinggal mengatur aturannya kayak gimana,” jelas Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan pemerintah melihat ada pergeseran berbagai jenis pekerjaan yang membuat wacana bekerja di rumah ini mencuat.

“Demikian pula jenis layanan yang dilakukan pemerintah kepada warganya,” kata Ridwan

Penjelasan Rosan

“Buat saya mau kerja di mana saja yang penting produktivitasnya. Kalau tinggi kenapa enggak? Kalau duduk di kantor tapi output-nya lebih rendah, dibanding dia duduk di rumah kenapa enggak?” kata Ketua Umum Kamara Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani

Bekerja di rumah katanya menjadi hal biasa selama mampu memberikan hasil yang baik. Ia mengatakan wacana baru ini memang perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar tidak menimbulkan kecemburuan.

Terlepas dari hal itu, menurut Rosan, apabila wacana tersebut menjadi kenyataan, maka pemerintah perlu melakukan sosialisasi lebih detail agar tidak timbul kecemburuan.

Rosan menjelaskan, dengan keterbukaan digital yang semakin melebar, penilaian terhadap kinerja abdi negara pun akan ikut menyesuaikan.

“Keterbukaan digital sudah sangat luar biasa. Kita harus membuka pikiran, biarkan dilakukan assesment komprehensif, baru kita diskusikan, dilempar aja ke publik, sosialisasikan, resistensi atau penilakan udah pasti, yg biasa kerja di kantor emudian ga di kantor, apaan lo enak banget, tapi kita harus terbuka dengan perubahan yg lebih baik,” paparnya.

“Ini kan impact dari teknologi yang begitu besar, ngeliatnya itu hal yang sah-sah saja. Yg penting bagaimana output dan result lebih baik,” tambah dia.

Add a Comment