Pertamina: Digitalisasi Dianggap Dapat efisiensi Hingga 5 Triliun Rupiah

PrimaBerita – PT Pertamina (Persero) menargetkan efisiensi sekitar Rp3 triliun hingga Rp5 triliun per tahun melalui perluasan digitalisasi dari hulu ke hilirn dengan tujuan untuk pelayanan konsumen maupun perbaikan administrasi internal perusahaan.

“Tujuan utama transformasi digital ini adalah untuk meningkatkan layanan Pertamina baik untuk customer ataupun proses bisnis internal. Apalagi, kami memiliki ribuan SPBU dan agen LPG yang jika tidak diatur secara digital tentu akan sulit,” ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati

Hulu

Di sektor hulu, Direktur Hulu Dharmawan Samsu mengungkapkan perusahaan telah membangun Upstream Cloud dan Big Data Analytic agar informasi bisa tersentralisasi dan terintegrasi. Perseroan juga memiliki sistem group license untuk memaksimalkan penggunaan lisensi piranti lunak dalam operasionalnya. 

“Proses pengambilan keputusan menjadi lebih cepat, proses pengadaan yang lebih efektif, dan terjadi proses pertukaran pengetahuan,” ujar Dharmawan.

Perseroan

Selanjutnya, perseroan juga menyiapkan predictive maintenance yang terintegrasi sehingga bisa meminimalisasi peluang operasi yang berhenti secara mendadak.

Baca juga: NHTSA, Uji Coba Fungsionalitas Mobil Dengan Perangkat Kamera

Add a Comment