Pelajari Cara Hitung Dana Pensiun! Jangan Sampai Nyesal

PrimaBerita – Konsumsi sehari-hari yang mengikuti gaya hidup kerap kali membuat lupa mengenai kebutuhan dana pensiun di hari tua. Sehingga, menjadi penting untuk mulai menghitung dan mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin. Lalu, bagaimana cara menghitungnya?

Perencana Ahmad Ghozali

Adapun Perencana keuangan Ahmad Ghozali mengatakan, jika seseorang mengandalkan investasi untuk menghidupi dana pensiun, setidaknyya harus memiliki dana sebesar 200 kali lipat dari biaya hidup di masa pensiun. “Misalnya ingin biaya hidup Rp 20 juta per bulan (dengan harga pada saat itu), maka dana yang diperlukan adalah sebesar 4 miliar,” ujar dia.

Perencana Eko Indarto

Perencana Keuangan Eko Indarto mengatakan, dalam memperhitungkan dana pensiun, perlu ditentukan terlebih dahulu kapan bakal pensiun, sehingga bisa menentukan jumlah dana pensiun yang dibutuhkan.

“Nggak ada jumlah pasti (besaran dana pensiun) tapi misalnya orang itu kalau pensiun di usia 55, terus usia harapan hidup orang Indonesia rata-rata 76 tahun, dia harus mempersiapkan dana untuk 21 tahun,” ujar Eko

Sehingga setidaknya, ketika gaya hidup orang tersebut sebesar Rp 5 juta per bulan, uang yang dia butuhkan di masa tua sekitar Rp 60 juta per tahun, dengan kenaikan 10 persen setiap tahunnya. “Tinggal dihitung kebutuhan lain,” ujar dia.

Baca juga: Berat Badan Tetap Terjaga Hanya Dengan Tidur Berkualitas

Add a Comment