Lifestyle

Lebih Produktif Hanya Dengan Dengarkan Jenis Musik Ini

PrimaBerita – Musik memang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Tak hanya karya seni, namun juga sebuah kebutuhan. Melalui alunannya, musik memiliki cara yang unik untuk merembes melalui sudut-sudut kosong dan mengisi lingkungan dengan substansinya. Beberapa jenis Musik dapat membantu kita menjadi rileks, membuat mata kita berkaca-kaca, atau bahkan merasa lebih hidup.

Musik juga bisa mengatur ritme kerja, membuat kita menjadi lebih fokus pada pekerjaan dan lebih produktif. Setidaknya itu menurut hasil penelitian Teresa Lesiuk, seorang asisten profesor dalam program terapi musik di University of Miami. 

Setelah melakukan penelitian tentang efek mendengarkan musik pada kinerja kerja, Dr. Lesiuk sampai pada kesimpulan bahwa “mereka yang mendengarkan musik dapat menyelesaikan tugas lebih cepat dan memiliki ide yang lebih baik daripada yang tidak mendengarkan musik.”

Tapi, tidak semua jenis musik bisa membuat kita lebih produktif. Beberapa penelitian lain telah menunjukkan bahwa musik populer malah bisa mengganggu pemahaman membaca dan pemrosesan informasi.

Menurut penelitian Dr. Haake, lirik lagu adalah salah satu faktor yang menyebabkan musik tertentu bisa mengganggu fokus seseorang, alih-alih membuatnya lebih membantu produktivitas pendengarnya.

Musik Klasik 

Ketika kita memikirkan musik klasik, komponis seperti Bach, Vivaldi, Monteverdi dan Handel muncul dalam pikiran kita. Dalam sebuah penelitian, tujuh dari delapan ahli radiologi menemukan bahwa musik barok (musik klasik barat yang digubah pada Zaman Barok (Baroque), kira-kira antara tahun 1600 dan 1750) dapat meningkatkan suasana hati dan konsentrasi pada pekerjaan mereka.

Baca juga: Berat Badan Dapat Turun Permanen Dengan Cara Alami