Ketombe Hilang Dalam Sekejap! Lakukan Hal Ini

PrimaBerita – Ketombe adalah serpihan kulit kepala yang mengering dan mengelupas. Biasanya disertai gatal pada kulit kepala dan meninggalkan serpihan putih pada bahu pakaian atau bantal dan tempat bekas kepala bersender. 

Di samping rasa gatal yang mengusik kenyamanan, noda putih yang berjatuhan kerap menurunkan kepercayaan diri karena mengganggu penampilan. Mengingat, masalah rambut dan kulit kepala sering dihubungkan dengan kurangnya menjaga kebersihan dan merawat diri. 

Hilangkan ketombe membandel

Jaga asupan nutrisi

Tubuh yang sehat selalu menjadi pangkal jiwa yang sehat. Sebagaimana nutrisi adalah kunci kualitas hidup yang baik, tak terkecuali asupan nutrisi memengaruhi kualitas kesehatan rambut dan kulit kepala.

Perbanyak asupan zinc, vitamin B, protein, dan zat besi untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan kekokohan rambut. Selain menghindari ketombe, nutrisi baik bagi rambut mencegah kerusakan berupa rambut kering, bercabang, serta mudah patah. Pastikan sampo dan kondisioner cocok dengan kulit kepala

Belum ada penjelasan ilmiah tentang produk yang cocok dengan tipe kulit kepala masing-masing orang. Namun mengingat setiap produk memiliki kandungan dan dampak yang berbeda, perlu memperhatikan benar produk mana yang cocok dengan jenis rambut dan kulit kepala. Jangan sampai gara-gara salah produk malah menyebabkan ketombe. 

Pastikan hanya diaplikasikan dari tengah hingga ujung batang rambut. Jangan dioleskan pada kulit kepala karena bisa menyebabkan kulit kepala lembap dan lengket, alhasil bisa membuat peradangan ketombe. 

Hindari stres

Stres selalu menjadi pangkal segunung gangguan kesehatan, tak terkecuali masalah ketombe dan kesehatan kulit kepala. Tingginya stres melemahkan sistem imun sehingga infeksi akibat jamur di kulit kepala sukar sembuh. Kulit kepala pun mudah mengelupas alias berketombe. 

Baca juga: Obat Sakit Gigi BerBahan Alami. Praktis dan Efisien

Add a Comment