Kendaraan Bermotor Listrik Ditargetkan Mencapai 10 Juta unit

Catatan

Catatan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), perkembangan investasi di Indonesia untuk sektor industri yang akan memproduksi baterai kendaraan listrik hanya tinggal satu tahap lagi, yaitu investasi industri sel baterai. 

Tahapan lainnya seperti mine concentrate serta refinery and electrochemical production telah ada investasi masuk di Kawasan Industri Morowali (IMIP) di Sulawesi Tengah.

Airlangga bilang seiring upaya pemerintah yang gencar menarik investasi pada sektor industri baterai sel. Saat ini sudah ada beberapa calon investor melakukan penjajakan dan menyatakan minat untuk berinvestasi di Indonesia.

“Ada pabrikan kendaraan bermotor listrik yang telah siap melakukan battery pack assembly apabila sudah ada investasi di battery cell,” kata Airlangga. 

Perlambatan Pasar

Dia mengatakan di tengah perlambatan pasar sepeda motor global, industri motor nasional justru meningkat dengan pertumbuhan sebesar 14 persen pada semester pertama 2019. Lalu ekspor sepeda motor juga tumbuh pada 2018 dengan tingkat 44,3 persen dibandingkan periode 2017.

“Angka itu menunjukkan industri sepeda motor Indonesia telah mencapai daya saing yang cukup baik untuk pasar lokal maupun global,” ucapnya.

Baca juga: Crown 2.5 HV G-Executive, Mobil Dinas Baru Menteri. Bagaimana Nasib Mobil Dinas Lama ??

Add a Comment