Kendaraan Bermotor Listrik Ditargetkan Mencapai 10 Juta unit

PrimaBerita – Sejumlah negara mendorong percepatan industri kendaraan bermotor listrik guna menciptakan lingkungan bersih. Salah satunya Indonesia yang dibuktikan dengan merilis Peraturan Presiden (Perpres) Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang resmi diundangkan pada 12 Agustus 2019.

Target

Pemerintah menargetkan populasi sepeda motor listrik mencapai 2 juta unit atau 20 persen dari total produksi roda dua di Indonesia yang diprediksi menyentuh 10 juta unit pada 2025. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto optimistis target itu tercapai setelah melihat pertumbuhan produksi motor Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan penjualan domestik roda dua tahun lalu mencapai 6,3 juta unit. Atau naik dari 2017 yang berhenti diangka 6,1 juta unit. Adapun jumlah ekspor tahun lalu menyentuh 630 ribuan unit.

“Peningkatan produksi tidak hanya untuk memenuhi pasar dalam negeri melainkan untuk memenuhi target ekspor 1 juta kendaraan di tahun 2025,” ungkap Airlangga lewat keterangan tertulisnya dikutip Kamis (29/8).

Untuk mendukung populasi 2 juta unit motor listrik, pemerintah menyiapkan industri pendukung di dalam negeri misalnya Power Control Unit (PCU), motor listrik, dan baterai.

Baca juga: NHTSA, Uji Coba Fungsionalitas Mobil Dengan Perangkat Kamera

Add a Comment