Hati-Hati! Kelelahan Dalam Bekerja Dapat Menyebabkan Kematian

PrimaBerita – Manusia ternyata bisa meninggal karena kelelahan. Salah satu buktinya adalah peristiwa yang terjadi baru-baru ini di tahun 2019. Tercatat 412 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa daerah di Indonesia meninggal dunia diduga karena kelelahan dan bekerja nonstop saat Pemilu 2019.

Walaupun begitu, kelelahan yang menyebabkan kematian adalah fenomena yang tidak umum. Berikut fakta-faktanya!

Mati karena kelelahan disebut dengan karoshi

Karoshi adalah istilah dari bahasa Jepang yang berarti fenomena kematian akibat kelelahan bekerja. Karoshi berasal dari kata “karo” yang berarti kerja paksa dan “shi” yang berarti kematian.

Bekerja hingga lupa makan

Saking sibuknya, tak jarang seseorang jadi lupa untuk makan. Tubuh pun menjadi lemas dan kekurangan nutrisi untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Ini bisa memperburuk kondisi tubuh yang kelelahan.

Bekerja terlalu keras menyebabkan stres

Kerjaan menumpuk ditambah dengan tuntutan menyelesaikan semuanya sebelum deadline. Belum lagi jika target pekerjaan belum terpenuhi. Kondisi ini dialami oleh hampir semua pekerja. Badan lelah, pikiran pun lelah. Inilah yang menyebabkan orang yang bekerja terlalu lama dan keras bisa mengalami stres.

Baca juga: Kematian! Salah Satu Resiko Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur

Add a Comment