Hati-Hati Dengan Penggumpalan Darah! Dapat Menyebabkan Masalah Kesehatan

PrimaBerita Darah akan mengalir dengan lancar melalui pembuluh darah ke berbagai organ tubuh. Dalam beberapa kasus, darah bisa menjadi lebih kental layaknya jeli sehingga tidak akan melaju dengan lancar. Penggumpalan darah ini bisa memberikan manfaat tersendiri, namun juga bisa memicu datangnya masalah kesehatan yang berbahaya.

Meskipun bisa membantu proses penyembuhan luka, penggumpalan darah juga bisa memicu sumbatan pada pembuluh darah. Jika hal ini sampai terjadi, maka risiko terkena stroke atau serangan jantung akan meningkat.

Kulit menjadi lebih pucat

Pembekuan darah akan membuat gangguan pada aliran darah. Hal ini akan berimbas pada bagian tubuh yang tidak mendapatkan asupan darah dengan cukup. Kondisi ini akan membuat bagian tubuh ini mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih pucat.

Kaki mengalami kram

Kram kaki sebenarnya adalah masalah yang wajar terjadi pada siapa saja, namun jika hal ini sering terjadi tanpa adanya penyebab yang jelas, sebaiknya kita mewaspadai penggumpalan darah. Salah satu penyebabnya adalah deep vein thrombosis yang terjadi pada pembuluh darah vena bagian dalam.

Jika kondisi ini berlangsung dengan cukup parah, dikhawatirkan akan menyebabkan masalah emboli paru atau tersumbatnya pembuluh darah arteri di paru-paru atau paru-paru yang akhirnya dipenuhi cairan. Kondisi ini bisa jadi akan memicu kematian dini.

Baca juga: Merusak Kekebalan Tubuh! Jika Sabun Mengandung Bahan Triclosan

Add a Comment