Loading...
Ekonomi Bisnis

Yakin Payroll Ga Penting?? Sistem Serba Guna HRD

PrimaBerita Payroll merupakan suatu sistem penggajian yang dirancang khusus oleh suatu perusahaan agar proses penggajian para tenaga kerja yang bersangkutan menjadi lebih efektif dan efisien.

Fungsi

Fungsi payroll amatlah penting, yakni bagaimana memberikan informasi secara detail dan akurat tentang hak materiil (uang) atau penggajian yang diterima oleh karyawan. Untuk itu, di bagian HRD memiliki satu posisi yang dinamakan payroll officer. Tugasnya melakukan penghitungan gaji setiap karyawan pada awal atau akhir bulan. Termasuk pula membuat laporan rekapitulasi gaji dari seluruh karyawan, yang menjadi bahan laporan keuangan perusahaan atau lembaga itu.

Pentingnya Software Payroll

Sebelum software payroll ditemukan, proses payroll dikerjakan secara manual. Seorang officer akan menghitung gaji karyawan dengan alat bantu hitung seadanya. Tentunya ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan ketelitian luar biasa.

Loading...

Kehadiran software payroll menjadi amat membantu. Selain memangkas waktu pengerjan payroll menjadi lebih singkat, hasilnya pun dijamin akurat. Selain itu, jumlah officernya juga lebih sedikit. Ini artinya, biaya pengeluaran perusahaan/lembaga untuk gaji officer bisa semakin berkurang.

Baca juga: FaceApp, Aplikasi Pencuri Data?? Ini Penjelasannya