Tanda-Tanda Telah Terkena Gula Darah. Salah Satunya Ngantuk??

PrimaBerita – Gula Darah Tinggi (Diabetes) bisa berkembang bila kadar gula dalam tubuh dibiarkan dalam batas yang tidak normal. Kondisi yang berlebihan seperti ini membuat kita perlu terus berwaspada. 

Sering buang air kecil

Hal ini dapat terjadi karena saat gula darah tinggi ada hasrat untuk terus minum dalam jumlah yang banyak seperti tengah mengalami dehidrasi. Alhasil semakin banyak air yang masuk, maka semakin keras juga ginjal bekerja mengeluarkan urin tambahan yang berakibat pada terhambatnya insulin sehingga membuat gula darah tinggi.

Hasrat tinggi untuk tidur siang

Karena mudah merasa lelah, kebiasaan tidur siang yang tadinya tidak pernah dilakukan bisa secara tiba-tiba muncul ketika kadar gula darah tinggi. Ini membuat penderitanya merasa sangat lelah dan mengantuk. Kerap terbangun di malam hari untuk membuang air kecil juga bisa menjadi penyebab terjadinya kantuk berat di siang hari.

Sulit untuk berkonsentrasi

Glukosa dibutuhkan untuk membantu kinerja otak menjadi maksimal. Namun bila kadar glukosa dalam tubuh melebihi ambang batas atau terlalu tinggi maka hal yang terjadi adalah kesulitan untuk berkonsentrasi, karena kadar gula yang berlebihan ini mengganggu fungsi insulin yang seharusnya memasok energi bagi tubuh dan otak.

Baca juga: Pakai Ini! Ampuh Mengatasi Diabetes Melitus (Kencing Manis)

Add a Comment