OS Baru Besutan Selain OS HongMeng. Os Ini Bakal Digunakan…

PrimaBerita – Setelah sebelumnya mendaftarkan sistem operasi (OS) pengganti Android yang bernama “Hongmeng” (di China) dan “Ark” (di Eropa). Huawei kini dilaporkan kembali mendaftarkan OS lain yang dinamakan Harmony.

OS Harmony

Beberapa waktu lalu, Huawei mengajukan aplikasi merek dagang ke European Union Intellectual Property Office (EUIPO) dengan mendaftarkan Harmony sebagai OS kategori “Class 9”. Harmony disebutkan sebagai OS yang dibuat untuk perangkat mobile dan komputer yang bisa diunduh (downloadable).

Pengajuan tersebut dilakukan Huawei sejak tanggal 12 Juli kemarin dan saat ini sedang dalam pemeriksaan oleh pihak EUIPO. Kabar yang beredar menyebutkan jika OS ini akan masuk dalam keluarga Ark, di mana salah satunya adalah Hongmeng. OS tersebut dikatakan telah dikembangkan sejak 2015.

Meski demikian, belum jelas apakah OS Harmony merupakan sistem operasi yang berbeda dengan OS Hongmeng atau mungkin hanya berbeda dalam penamaan saja untuk versi OS Hongmeng di luar China. Sejauh ini Huawei belum memberikan komentar resmi terkait nama OS Harmony ini.

Seperti diketahui, Huawei sebelumnya telah mendaftarkan dua nama OS baru, yaitu OS Hongmeng dan OS Ark, sebagai antisipasi dari efek perang dagang antara AS-China yang membuat mereka tidak bisa memakai OS Android dari Google.

Baca juga: AS Menghentikan Gugatan Hukum terhadap Huawei. Ini Alasannya

Add a Comment