Entertainment Serba Serbi

Malam Ini! Planet Saturnus Dapat Dilihat Dengan Mata Telanjang

PrimaBerita – Planet Saturnus akan tampak bersinar putih kekuningan dengan kecerahan sedang saat diamati dari Bumi pada malam ini (9/7) atau dikenal dengan istilah oposisi Saturnus.

Ketua Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan fenomena oposisi Saturnus bisa diamati dari seluruh Indonesia.

“Fenomena oposisi Saturnus bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia sejak maghrib sampai menjelang matahari terbit,” ucap Thomas

Waktu terbaik

Menyoal waktu terbaik, Thomas mengatakan fenomena ini bisa diamati mulai Magrib (sekitar pukul 18.00 WIB) hingga tenggelam pada Rabu (10/7) pagi pukul 05.26 WIB.

Saturnus akan terbit di timur pada saat matahari tenggelam, terus menanjak saat tengah malam, dan akan tenggelam di barat saat matahari terbit. Dalam posisinya yang berlawanan dengan Matahari ini, Saturnus berada dalam posisi pengamatan terbaik sehingga bisa terlihat sepanjang malam, seperti dilansir Earth Sky.

Thomas mengatakan masyarakat bisa menikmati fenomena oposisi Saturnus dengan mata biasa. Namun pengamatan menggunakan teleskop disebutnya lebih baik lantaran bisa melihat cincin Saturnus.

“Kalau dilihat pakai mata biasa hanya terlihat sebagai bintang terang. Bila menggunakan teleskop akan terlihat cincin Saturnus,” jelasnya.

Fenomena Oposisi Saturnus

Fenomena alam ini disebut oposisi Saturnus karena Bumi tengah mengorbit di antara Saturnus dan Matahari. Secara singkat, Matahari-Bumi-Saturnus tengah nampak berbaris lurus di bidang tata surya. 

Baca juga: Bukan Minyak, Ini Yang Membuat Dubai Sangat Kaya