Lakukan Ini Setiap Hari, Tingkatkan Kinerja Kreativitas Anak

Lihat Minat & Bakat

Coba mulai memerhatikan apa yang disukai oleh balita. Apakah ia senang menggambar, menumpuk barang, berolahraga, menari atau hal lainnya.  Setelah mengetahui, kegemarannya, mulailahlah Anda mengasahnya sejak dini.

Bebaskan Anak Bereksplorasi

Anak sudah dibekali dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Biarkan mereka melakukan eksplorasi terhadap dunia di sekitarnya. Tentu saja Anda perlu memberitahu mana yang bahaya dan yang tidak.

Biarkan Anak Berimajinasi

Salah satu cara melatih imajinasinya adalah membacakan buku setiap hari.  Beri anak kesempatan untuk memilih buku yang ia sukai. Libatkan anak saat membaca dengan memintanya mengira-ngira, suara seorang tokoh atau karakternya. Selain mengasah imajinasi membacakan buku dan mendongeng akan menambah perbendaharaan bahasa anak. 

Berikan Pengalaman Baru

Berikan waktu khusus untuk anak dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi seperti museum, kebun binatang, sawah, kebun, peternakan, pasar tradisional, dan taman rekreasi. Di tempat baru ini anak akan melihat, menyentuh, mendengar, merasakan bahkan mencium sesuatu yang baru yang akan memperkaya pengalamannya. Dengan pengalaman itu anak akan meramunya menjadi modal untuk melakukan sesuatu yang kreatif.

Kurangi Larangan

Sebisa mungkin Anda mengurangi “melarangnya”. Berikanlah saran apa yang seharusnya ia lakukan, bukan melarangnya. Namun, dalam kondisi tertentu bila terpaksa, Anda tentu saja harus tegas.

Beri Pujian

Selalu memberikan pujian jika anak melakukan sesuatu yang kreatif. Cara itu akan membuat anak terdorong untuk berimajinasi dan mencari hal-hal baru yang akan mencuri perhatian Anda. Namun juga selalu ingatkan anak bahwa tidak masalah jika melakukan kesalahan, karena dari situ justru ia akan tahu dan dicoba lagi dan dicari solusinya. Itu semua akan membuat anak semakin bersemangat untuk mencoba sesuatu yang baru dan tidak takut melakukan kesalahan.

Baca juga: Ingin Anak Pintar? Berikanlah 4 Gizi Ini!

Add a Comment