Kenali Lebih Dalam Kenapa Anak Menjadi Malas Belajar.

Primaberita – Anak malas belajar merupakan tantangan tersendiri bagi para orangtua. Melihat anak enggan mengerjakan PR atau membaca buku pelajaran tentu membuat kita khawatir dengan performanya di sekolah. Namun, sebelum memarahi anak, sebaiknya cari tahu dulu penyebab anak malas belajar.

Jangan terburu-buru menyalahkan anak ketika ia malas belajar. Ada berbagai penyebab yang mungkin membuat anak tidak suka belajar.

Alasan membuat anak maas belajar?

Gaya belajar yang tidak sesuai

Gaya belajar yang tidak tepat bisa membuat anak malas belajar dan menjadi tidak termotivasi di sekolah. Setiap anak unik dan memiliki cara tersendiri dalam belajar. Mengenali gaya belajar anak bisa membantu anak untuk mengerti pelajarannya dengan lebih baik. Orangtua perlu peka dalam melihat gaya belajar mana yang paling sesuai untuk anak.

Bullying

Orangtua dan pihak sekolah perlu peka dalam melihat apakah anak memiliki masalah di sekolah, salah satunya adalah bullying. Dalam jurnal International Education Studies, bullying atau perundungan berdampak negatif terhadap prestasi akademik anak.

Anak malas belajar bisa menjadi salah satu indikasi bahwa ia mengalami bullying. Orangtua perlu jeli dalam melihat kondisi anak karena bullying tidak hanya bersifat fisik dan verbal, tetapi juga bisa melalui media sosial maupun dikucilkan oleh teman-temannya.

Lingkungan yang tidak mendukung

Lingkungan sekitar anak merupakan salah satu faktor yang sering tidak diperhatikan oleh orangtua. Sebuah riset menemukan lingkungan rumah yang positif berhubungan dengan prestasi akademik yang baik.

Lingkungan rumah yang tidak kondusif mampu membuat anak malas belajar di rumah. Begitupun juga dengan lingkungan sekolah, penelitian mendapati bahwa lingkungan sekolah berpartisipasi sebanyak 40% terhadap prestasi akademik siswa.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa siswa dengan fasilitas sekolah yang mencukupi, serta lingkungan dan guru yang baik, memiliki performa akademik yang lebih baik daripada sekolah yang memiliki sedikit fasilitas dengan lingkungan yang tidak mendukung pembelajaran, serta guru yang tidak memiliki kualifikasi.

Tidak hanya itu, ditemukan juga bahwa sekolah dengan fasilitas yang cukup dan modern mampu meningkatkan pembelajaran anak. Anak malas belajar tidak selalu salah dari anak dan bisa jadi hanya membutuhkan perubahan di lingkungan sekitarnya.

Baca juga: Ajaib! Hilangkan Rasa Stress Dalam Sekejab

Add a Comment