Jangan Sepelekan, ini yang Akan Terjadi Akibat Merokok!

Prima Berita – Banyak orang sudah tahu bahwa merokok itu sangat tidak baik untuk kesehatan. Bukan hanya untuk si perokok aktif, namun juga perokok pasif. Merokok tidak hanya turut serta berperan dalam peningkatan polusi di dunia, namun juga dapat menyebabkan kematian. Fakta mengejutkan bahwa Indonesia menyumbang separuh dari jumlah perokok dewasa yang ada di Asia Tenggara, dan setiap tahunnya diperkirakan ada 200.000 kematian akibat merokok.

Perlu diketahui bahwa sebelum kematian datang menjemput, ada 5 perubahan yang akan terjadi pada tubuh. Cegah sebelum terlambat.

Gigi kuning

Jangan remehkan perubahan awal pada tampilan gigi dan mulut, yaitu warna kuning pada gigi. Penelitian membuktikan seorang perokok akan mempunyai resiko 6 kali lebih besar untuk mengalami penyakit gusi. Efek samping yang paling parah dari merokok adalah kanker mulut.

Keriput dan kantong mata

Penelitian yang dikutip dari Science Daily menyebutkan bahwa mayoritas perokok lebih susah tidur dengan nyenyak. Lambat laun, hal ini mengakibatkan timbulnya efek samping dari kurang tidur yaitu kantung mata dan lingkaran gelap di sekitar mata. Bahan kimia pada setiap batang rokok juga dapat merusak struktur kulit sekaligus pembuluh darah di sekitar mata.

Rontok dan perubahan warna rambut

Menghisap batang rokok setiap hari dapat merusak kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan rokok mengandung zat kimia beracun dan radikal bebas yang akan melemahkan sel-sel serta foliker rambut.

Kulit kusam

Tanpa kita sadari, merokok secara tidak langsung menyerap vitamin C dalam tubuh yang berfungsi melindungi sekaligus memperbaiki kulit yang rusak. Selain itu, nikotin dalam rokok juga bisa menghalangi laju aliran darah, dan karbon monoksida dalam asap rokok akan dengan mudah bercampur dengan oksigen yang ada dalam kulit. Lambat laun, kulit akan menjadi kering dan kusam.

Terlihat lebih tua

Kandungan zat dalam rokok, termasuk nikotin akan menghasilkan keriput dini di wajah. Mulai dari dahi mata, bibir, hingga menjalar ke bagian leher dan dada. Oleh sebab itu, perokok aktif umumnya terlihat sekitar 1,5-2 tahun lebih tua daripada usia asli.

Baca juga : MITOS DAN FAKTA NYERI TUBUH!

Add a Comment