Nasional

Daftar Menteri-Menteri Populer Di Kabinet Kerja Jilid II

PrimaBerita – Menteri-menteri di Kabinet Kerja ternyata tak hanya dipandang dalam hal kinerja, tapi juga dari segi popularitas. Beberapa dari mereka ternyata cukup populer di kalangan masyarakat, terutama di media sosial.

Publikasi

Beberapa menteri mempublikasikan kegiatan mereka sehari-hari melalui media sosial. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang setiap hari meng-update media sosialnya. Tak hanya itu, ia juga berinteraksi dengan pengikutnya, baik di Instagram maupun Twitter.

CfDS

Susi menduduki peringkat pertama sebagai menteri terpopuler berdasarkan riset Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gajah Mada.

Dalam riset tersebut, CfDS meneliti penggunaan media sosial dan tipe interaksi yang dilakukan para menteri di dua platform media sosial, yaitu Twitter dan Instagram. Pengambilan data dilakukan pada 25 Mei 2019.

1. Menteri KKP Susi Pudjiastuti

Susi menjadi menteri paling populer di Twitter dengan jumlah pengikut sebanyak 964.213 dan engagement sebanyak 1.468.315. Di Instagram, Susi juga menjadi menteri paling poluler dengan pengikut 2.332.564 dan 288 unggahan.

Dari segi kinerja, Susi pun dianggap sebagai menteri paling berprestasi berdasarkan riset lembaga survei Populi Center pada 2017. Dari 10 nama menteri Kabinet Kerja, Susi menempati posisi pertama dengan persentase 37,9 persen.

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani

Pemilik akun Instagram @smindrawati tersebut memiliki pengikut 1.390.970 dan unggahan sebanyak 288. Dari riset Populi Center pada 2017 juga terungkap Sri Mulyani termasuk menteri berprestasi di urutan ketiga dengan perolehan suara responden 7,1 persen.

Baca juga: Profil Sri Mulyani, Menteri Terbaik Dunia Asal Indonesia