Budi Karya: Kita Bangun Bus Air Untuk Pariwisata Danau Toba

PrimaBerita Kementerian Perhubungan tengah membangun sarana transportasi yang diberi nama bus air. Dua unit dibangun untuk mendukung mendukung Danau Toba menjadi destinasi wisata 10 Bali Baru.

Penjelasan Budi Karya

“Kita akan bangun dua bus air untuk mendukung pariwisata di sini,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Muara, Danau Toba, Sumatera Utara, melalui keterangan tertulis.

Secara keseluruhan, Kemenhub membangun 5 kapal besar untuk melayani angkutan penyeberangan di kawasan Danau Toba. Dari jumlah itu, 2 di antaranya dipakai sebagai bus air.

Bus air ini khusus dimanfaatkan sebagai kapal wisata. Di sisi lain, dia menegaskan, aspek keselamatan pelayaran khususnya pada angkutan penyeberangan, juga terus ditingkatkan.

MultiFungsi

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, menjelaskan bus air yang sedang dibangun dapat menampung 50 orang penumpang, tiga unit mobil dan 36 motor. Rencananya, pembangunannya tersebut bisa rampung di taun 2020.

“Kita persiapkan Bus Air ini jadi multi fungsi. Selain untuk mengangkut penumpang, masyarakat atau wisatawan nantinya bisa sambil makan malam di kapal ini,” kata Budi Setiyadi.

Baca juga: Bangga!! Infrastruktur Indonesia Seharga Triliunan Bebas Dari Utang.

Add a Comment