Awalnya Dikira Anting-Anting Emas , Ternyata…

Rupanya, pemangsa seperti burung, reptil, dan laba-laba raksasa cenderung melarikan diri ketika mereka mendeteksi pantulan gerakan mereka sendiri pada kepompong super-mengkilap, mengira itu sebagai ancaman bagi pemangsa sendiri.

Kepompong dari kupu-kupu Mechanitis polymnia telah melahirkan jenis fakta palsu di media sosial. Foto-foto dari kepompong yang menakjubkan ini, dikabarkan seperti mengandung partikel logam yang sebenarnya, atau bahwa kepompong kosong pernah digunakan sebagai mata uang. Padahal kepompong kosong sangat rapuh, dan tidak mungkin digunakan sebagai mata uang.

Hanya bertahan sebentar

Menurut hasil penelitian, kepompong berwarna emas ini tidak mengandung logam. Mereka terbuat dari chitin, zat alami yang memberi beberapa serangga dan krustasea tampilan yang mengkilap. Sisik ikan juga terbuat dari bahan ini.

Kepompong akan kehilangan kilau seperti emas hanya dalam beberapa hari, dan mungkin hanya bertahan seminggu setelah kupu-kupu keluar dari kepompong tersebut.

“Kupu-kupu hanya dalam tahap kepompong selama sekitar satu minggu, tergantung pada spesies, setelah itu mereka kehilangan warna metalik,” tulis Dr. Ryan Hill yang dilansir dari odditycentral.

Baca juga: Rekor Baik, Harga Emas Melambung Tinggi. Ini Alasannya

Add a Comment