Ekonomi Bisnis

ANEH! Ongkos Kirim Barang Cina ke Indonesia Sangat Murah

PrimaBerita – Barang-barang impor dari China membanjiri e-commerce Indonesia. Harganya sangat terjangkau alias murah, begitu juga dengan ongkos kirim.

Ignatius Untung menyatakan

Ketua Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung memberikan pandangannya. Ia mengatakan fenomena ini berhubungan dengan pasar Indonesia yang besar dan ditambah lagi bahwa banyak platform e-commerce beroperasi di Indonesia.

Market Indonesia yang cukup besar sehingga banyak barang China yang masuk e-commerce Indonesia,” kata Ignatius Untung kepada CNBC Indonesia, Rabu (10/7/2019).

Ignatius mengakui bahwa produk dari China dikenal dengan harganya yang murah. Namun, ia mengatakan secara kualitas, barang dari China sudah sesuai standard internasional berdasarkan harga yang ditawarkan. 

Kemungkinan

Terkait dengan ongkos kirim yang murah, Ignatius mengatakan hal ini juga menjadi tanda tanya bagi asosiasinya. Ia memberikan dua kemungkinan. Pertama, pemerintah di sana memberikan subsidi harga saat pengiriman. 

“Atau memang ongkos kirim dari China memang benar-benar murah,” ucapnya. 

Tingginya permintaan barang dari China dibarengi pula dengan bea masuk di Indonesia. Menurut Ignatius, barang dari China yang dibeli, sebagian besar bernilai di bawah US$ 75 atau sekitar Rp 1 juta (asumsi kurs Rp 14.000/US$) sehingga tidak dikenakan bea masuk. 

Baca juga: KABAR BAIK! Daftar Usaha yang Dapat Pengurangan Pajak