Akun Facebook Anda Dibajak! Ini Cara Ketahui dan Solusi Gampangnya

PrimaBerita – Pada era internet ini memiliki akun Facebook tampaknya sudah menjadi kebutuhan. Facebook bisa mempermudah komunikasi, mengetahui kabar orang lain dan bisa sebagai ajang pamer. Facebook juga dapat dhubungkan ke aplikasi lain.

Populer

Jumlah pengguna aktif Facebook sudah mencapai 2,7 miliar akun. Jumlah pengguna aktif di Indonesia mencapai 120 juta dan jadi terbesar keempat di dunia. Menjadi media sosial paling populer, Facebook juga menjadi sasaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab (peretas). Semakin sering para peretas berusaha membajak dan meretas akun Facebook.

Akibat Diretas

Jika akun Facebook diretas masalah bisa panjang. Sebab beberapa aplikasi lain yang menggunakan login facebook seperti Tinder, Instagram dan Spotify juga akan bisa diambil alih.

Untuk bisa membobol akun facebook, pelaku tindak kejahatan perlu mengetahui alamat email dan nama akun facebook Anda. Berikut beberapa metode membobol dan membajak akun facebook.

Software keylogger

Untuk cara ini, hacker memasang software keylogger para laptop atau PC milik korban. Software ini nanti dengan sendirinya akan mereka semua yang diketik korban dan dikirimkan kepada pelaku kejahatan.

Teknik phising

Metode yang paling sering digunakan adalah teknik phising. Biasanya peretas terlebih dahulu menjadi teman Anda di Facebook. Setelahnya penipu ini akan berperan seolah-olah dari perusahaan terkenal atau berpura-pura menjadi orang yang Anda kenal agar mendapat akses informasi pribadi seperti kata sandi atau nomor kartu kredit.

Melalui ponsel

Untuk cara ini, hacker akan menyusupkan spyware ke ponsel agar bisa mengambil alih ponsel. Begitu ponsel bisa diambil alih maka akun facebook juga bisa diambilalih. Maklum, banyak pengguna Facebook mengakses faceook melalui ponsel.

Solusinya

Untuk mengetahui akun facebook dibajak atau dibobol orang, Anda tinggal mengunjungi menu Where You’re Logged In. Caranya: setting -> security -> Where You’re Logged In.

Dalam menu tersebut, akan terlihat melalui perangkat apa dan di mana saja akun milik Anda telah diakses. Jika ada aktivitas yang mencurigakan, langsung tekan tombol End All Activity. Dengan menekan tombol itu, si peretas akan langsung log-out dari akun milik Anda.

Baca juga: WhatsApp Anda Dikloning dan Dibajak! Ini Cara Ketahui

Add a Comment