Operasional Bus Listrik di Jakarta Terkendala Beberapa Izin

-

PrimaBerita – Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono menyatakan operasional bus listrik masih terkendala beberapa permasalahan.

Peraturan Presiden

Agung menyatakan bahwa pihaknya baru saja mendapatkan Surat Keputusan Kepala Sinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 120 Tahun 2019 tentang Penugasan PT TransJakarta untuk menguji coba Bus Listrik.

“Yang belum ada adalah kebijakan di tingkat nasional. Kami mendengar bahwa ada draf perpres yang sedang disusun, kami mengharapkan ini akan menjadi sebuah dukungan dari pemerintah pusat ke pemerintah DKI untuk menjalankan bus listrik ini,” kata Agung dalam acara diskusi ‘Kesiapan Kendaraan Listrik Mengaspal di Jakarta’ di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (23/6/2019).

Baca juga : Kuliner Medan Ini Bakal Bikin Ketagihan! Apa itu?

STNK

“Ada kendala di proses uji tipe karena aturan yang digunakan masih menggunakan aturan yang sekarang terhadap bus listrik transjakarta, sedangkan bus ini bahan yang baru, yang belum pernah ada di Indonesia,” ujar Agung.

“Supaya kita bisa jalankan, kita uji coba dari Senayan ke Monas, Ragunan ke Kuningan. STNK belum keluar kedua sertifikat uji tipe belum goal,” tambahnya.

Apabila STNK bus listrik bisa diterbitkan, maka PT Transjakarta akan langsung menguji coba operasional.  Uji coba akan dilakukan PT Transjakarta selama enam bulan di koridor 1 Blok M-Kota dan koridur 6 Ragunan-Dukuh Atas.

Baca juga : Rekor Baru! Indonesia berhasil di Piala AFC Futsal U-20

Anggaran

Direktur utama Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, pihaknya akan mengajukan anggaran Rp 100 miliar untuk operasional bus listrik di tahun 2020.

“Anggaran untuk tahun 2020 kami ajukan kepada pemerintah sekitar Rp 100 miliar untuk operasi bus listrik ini,” kata Agung Wicaksono dalam diskusi media FUSE mengenai Kesiapan Bus Listrik Mengaspal di Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Agung mengatakan, anggaran Rp 100 miliar ini akan digunakan untuk pengadaan bus listrik. Namun, angka tersebut belum angka final. Nantinya, angka tersebut bisa meningkat ataupun berkurang tergantung dari uji coba.

Baca juga : Trending tagar #HBDJokowi ! Presiden Jokowi Berulang Tahun

Add a Comment