libra cryptocurrency
Internasional Teknologi

Mata Uang Digital Besutan Facebook, Libra, Rival Bitcoin

PrimaBerita Facebook dikabarkan akan mengeluarkan mata uang digital (cryptocurrency) saingan Bitcoin. Mata uang digital besutan Facebook diberi nama Libra. Mata uang ini akan di terbitkan di 2020.

Kelebihan Libra

Libra didukung oleh blockchain. Libra juga akan didukung oleh cadangan asset dunia nyata seperti deposito bank. Libra akan dipegang oleh jaringan penjaga (network of custodians).  

Struktur ini dimaksudkan untuk menarik kepercayaan orang-orang dan menstabilkan nilainya. Pemegang Libra juga bisa mengkonversi koin menjadi mata uang tradisional berdasarkan nilai tukar yang berlaku. 

Facebook tidak akan sepenuhnya mengendalikan Libra, tetapi sebaliknya hanya mendapatkan satu suara dalam pengaturannya seperti anggota pendiri Asosiasi Libra

Baca juga : OS HongMeng, OS Baru Besutan dari Negari Panda

Asosiasi Libra

Asosiasi Libra adalah nirlaba independen beranggotakan 28 perusahaan. Asosiasi ini berbasis di Jenewa, Swiss, dan akan mengawasi keputusan besar tentang koin digital Libra.

Anggota asosiasi ini termasuk Visa Inc, eBay Inc, Spotify Technology SA, Mastercard Inc, PayPal Holdings Inc, Uber Technologies Inc dan Vodafone Group Plc, serta perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz dan Thrive Capital.

Investasi minimum US$ 10 juta yang diperlukan untuk dapat bergabung dengan asosiasi ini, kecuali untuk anggota nirlaba seperti grup inklusi keuangan Kiva. Asosiasi ini menargetkan memiliki 100 anggota pada saat koin Libra dirilis.

Asosiasi ini akan mempromosikan Libra Blockchain dan platform pengembang open-source dengan bahasa pemrograman Move sendiri, plus mendaftar bisnis untuk menerima Libra untuk pembayaran dan bahkan memberikan diskon atau hadiah kepada pelanggan.

Baca juga : Mobil listrik Toyota menghadapi kendala produksi, Apa itu ?

Penanganan Transaksi Libra

Facebook meluncurkan anak perusahaan yang juga disebut Calibra yang menangani transaksi kripto, melindungi privasi pengguna dan tidak mencampur pembayaran Libra Anda dengan data Facebook Anda sehingga tidak dapat digunakan untuk penargetan iklan.

Identitas asli Anda tidak akan terikat dengan transaksi Anda yang dapat dilihat secara publik. Tetapi Calibra dan anggota pendiri Asosiasi Libra lainnya akan mendapatkan bunga dari uang tunai para pengguna uang yang disimpan sebagai cadangan untuk menjaga nilai Libra tetap stabil.

Baca juga : OS HongMeng belum sempurna, Huawei mencari alternatif OS dari Rusia