Kesehatan Kuliner

Ada Makanan Penyebab Ngantuk !? Ayo Kita Hindari!

PRIMA BERITA – Anda pernah merasa ngantuk setelah makan besar. Sebagian besar dari anda pasti menjawab ‘iya’. Nah, Anda tidak perlu khawatir, hal itu sangat wajar karena perasaan ngantuk merupakan respon tubuh yang disebabkan oleh pencernaan. Hal ini bukanlah masalah serius, namun hal ini harus dapat diatasi. Rasa ngantuk pada siang hari dapat menganggu aktivitas. Tentu tidak ada orang yang mau aktivitas sehari-hari terganggu. Anda dapat menghindari makanan penyebab ngantuk berikut.  

Makanan berlemak

Konsumsi makanan berlemak berpotensi menjadi penyebab ngantuk pada siang hari. Makanan berlemak sulit untuk dicerna oleh tubuh. Diperlukan waktu 24 hingga 72 jam untuk mencerna lemak secara sempurna. Oleh karena itu jika tubuh tidak punya persediaan energi yang lain kemungkinan Anda akan merasa lemas dan mengantuk. Makanan berlemak juga diketahui bisa menyebabkan kemampuan mengingat berkurang. 

Makanan yang Mengandung Tryptophan

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa tidur setelah makan dikreditkan ke tingkat tinggi konsumsi L-triptofan. Ini adalah asam amino yang ditemukan dalam produk susu dan daging tertentu.

Ketika asam amino dikonsumsi bersama dengan karbohidrat seperti nasi atau kentang, itu meningkatkan produksi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter dan ketika dilepaskan, Anda cenderung merasa lebih rileks dan malas.

Serotonin dihasilkan dari tryptophan asam amino, dan dikonversi menjadi melatonin. Hormon ini membantu tubuh menjadi mengantuk.

Makanan yang mengandung pati

Ketika Anda mengkonsumsi roti putih, tubuh Anda menyerap pati tanpa serat dan gula halus dengan cepat, yang menyebabkan lonjakan kadar glukosa dalam darah. Lonjakan ini ‘berumur pendek’, yang kemudian mengakibatkan penurunan kadar glukosa darah dan mendatangkann perasaan lelah serta mengantuk.

Makanan manis

Makanan manis termasuk makanan penyebab ngantuk yang banyak dikonsumsi. Gula memang memberikan energi secara seketika. Namun gula juga dapat menurunkan energi dengan drastis. Penurunan energi secara drastis akan mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap untuk dilakukannya proses pembakaran energi. Aneka kue dapat menjadi contoh dari makanan manis. Aneka kue mengandung gula yang tinggi, karena mengandung bahan seperti tepung, mentega, dan gula.

Baca juga : Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Diet