diet
Lifestyle

Penasaran dengan Diet Mayo? Ayo Kenali Lebih Dalam

PRIMABERITADiet mayo yang sudah lama beredar adalah suatu jenis diet yang terutama membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Mereka harus mematuhi aturan dan larangan yang ada. Lalu mengapa garam yang mereka pilih sebagai ‘musuh utama’? Alasannya sederhana, karena garam bersifat menahan air dalam tubuh. Ketika ada terlalu banyak air yang tidak bisa keluar dari tubuh, maka otomatis itu akan membuat berat tubuh seseorang semakin bertambah.

Bagaimana aturan diet mayo?

Agar diet dapat memberikan dampak yang memuaskan, Anda harus menaati aturan berikut:

  • Perbanyak asupan protein. Protein juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.
  • Membatasi asupan garam. Asupan garam yang sedikit dapat meningkatkan keluarnya air dalam tubuh sehingga berat badan Anda berkurang.
  • Jumlah kalori yang harus masuk ke tubuh Anda berkisar antara 1200-1800 kalori per hari.
  • Banyak makan sayur dan buah sehingga membuat Anda kenyang maksimal dengan kalori minimal.
  • Batasi asupan lemak.
  • Membatasi asupan gula.
  • Perbanyak makan makanan yang dikukus atau direbus.
  • Perbanyak konsumsi air putih.

Fase-fase diet mayo

Diet mayo merupakan pengendalian berat badan jangka panjang yang memerhatikan kesehatan secara keseluruhan. Diet mayo yang benar yaitu menekankan perubahan kebiasaan menjadi lebih sehat.

Diet mayo terdiri dari dua fase, yaitu:

  • Lose it!
    Dimulai dengan fase awal yang disebut Lose It! Fase ini berlangsung selama dua minggu, dengan tujuan untuk mengurangi berat badan Anda. Pada masa ini, lima kebiasaan tidak sehat diganti dengan gaya hidup sehat. mengonsumsi sarapan sehat, empat porsi sayur dan tiga porsi buah per hari, memilih biji-bijian utuh dan lemak sehat, serta rutin berolahraga.
    Dalam diet, terdapat piramida makanan yang merupakan panduan gizi. Piramida tersebut menempatkan sayur dan buah sebagai konsumsi terbanyak, kemudian disusul oleh asupan karbohidrat, daging dan produk susu, serta lemak.
    Diet mayo juga mendorong aktivitas fisik dan olahraga. Hal ini dimaksudkan untuk membantu tubuh membakar kalori. Rekomendasi dari diet mayo yaitu olahraga dengan intensitas sedang sekitar 30 menit per hari.
  • Live it!
    Dua minggu setelahnya adalah fase Live it! Pada fase ini, Anda harus semakin aktif membangun rencana olahraga sekaligus membuat pilihan makanan, ukuran porsi, perencanaan menu, serta tetap berpegang pada kebiasaan yang sehat. Fase ini juga dapat membantu Anda mempertahankan target berat badan secara permanen.

Baca juga : Ternyata Pola Diet Mediterania Mampu Turunkan Wanita Terkena Stroke